Terciduk di Jalanan Indonesia, Inikah Calon Mobil Listrik DFSK Pesaing Wuling EV?

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 24 Jun 2022 15:49 WIB
Sosok kendaraan diduga mobil listrik mini DFSK
Foto: Hafidz Zulkarnaen. Sosok kendaraan diduga mobil listrik mini DFSK.
Jakarta -

Viral di media sosial sosok mobil mungil terjepret kamera sedang dikendarai di jalanan Indonesia. Jika dilihat sepintas, desainnya mirip mobil listrik mungil Dongfeng FengGuang Mini EV. Apakah ini tandanya DFSK akan membawa mobil tersebut ke Indonesia untuk menjadi lawan bagi Wuling EV?

Foto-foto diduga penampakan mobil listrik mungil DFSK itu kali pertama diunggah oleh akun Instagram milik Hafidz Zulkarnaen, pada Kamis (23/6/2022). detikOto sudah mendapatkan izin untuk mempublikasikan materi foto-foto tersebut.

Dalam keterangannya kepada detikOto, Hafidz mengatakan bahwa sosok mobil tersebut diduga mobil listrik DFSK yang sebelumnya sudah dijual resmi di China. Logo di mobil tersebut tampak dikamuflase menggunakan warna hitam, sehingga sulit untuk mengidentifikasinya.

"Rasanya mobil itu DFSK ya, mas. Dan kayaknya mobil listrik, soalnya mobil nggak ada suaranya," kata Hafidz dikonfirmasi detikOto, Jumat (24/6/2022).

Kalau dilihat sepintas, mobil mungil yang terciduk di jalanan Indonesia itu desainnya memang mirip dengan Dongfeng FengGuang Mini EV. Terutama dari desain wajah, desain belakang, dimensinya, bahkan hingga velg-nya pun sangat mirip.

Dan jika dicermati lagi, mobil mungil tersebut memiliki posisi setir di sebelah kiri, mirip seperti posisi setir di China. Mobil itu juga tampak menggunakan plat nomor sementara dengan warna dasar hitam.

Apakah mobil tersebut benar-benar sosok Dongfeng FengGuang Mini EV yang sedang diuji coba di jalan Indonesia? Menjawab pertanyaan itu, PR & Media Manager PT Sokonindo Automobile, Achmad Rofiqi, menjawab diplomatis.

"No comment mas untuk yang ini," singkat Rofiqi kepada detikOto, Jumat (24/6/2022).

Sebagai informasi, Dongfeng FengGuang Mini EV baru diluncurkan pada kuartal pertama 2022. Mobil EV kompak asal China ini diprediksi punya banderol sekitar US$ 5.000 atau setara Rp 71 jutaan.



Simak Video "Dear Pabrikan, Mobil Mungil Cocok Lho Buat Lalu Lintas Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)