Pemerintah Rusia Keluarkan Dekrit: Bikin Mobil Boleh Tanpa AC dan Airbag

Dina Rayanti - detikOto
Selasa, 21 Jun 2022 17:33 WIB
Lada Granta
Pemerintah Rusia mengizinkan pabrikan memproduksi mobil tanpa airbag hingga AC terkait kelangkaan chip.(Foto: Lada)
Jakarta -

Zaman sekarang, mungkin sulit menemukan mobil tanpa fitur standar seperti airbag ataupun sistem pengereman ABS. Seperti diketahui bersama, para produsen belakangan berlomba-lomba menyajikan fitur canggih pada mobilnya untuk meningkatkan keselamatan di jalan.

Tapi di Rusia lain ceritanya. Pemerintah Federasi Rusia menerbitkan dekrit no.855 yang berisi penyederhanaan aturan dalam sertifikasi mobil penumpang. Produsen diizinkan memproduksi mobil tanpa dilengkapi fitur airbag, electronic power steering, hingga sistem pengereman ABS. Pemangkasan fitur masih berkaitan dengan pasokan komponen yang mandek karena Rusia tengah dihantui sanksi.

Dokumen itu juga mengizinkan pabrikan untuk menolak penyematan sistem baru yang terhambat karena kelangkaan chip semikonduktor.

Di samping itu, standar emisi mobil juga ditekan menjadi Euro 0 sampai Euro 5. Artinya mobil yang memenuhi standar emisi pada tahun 1988 boleh diproduksi kembali. Dekrit ini berlaku hingga 1 Februari 2023. Persyaratan baru itu tidak wajib. Namun demikian, produsen dimungkinkan memproduksi mobil dengan standar yang sudah lama.

Saat ini, salah satu model yang dipastikan memiliki fitur minim adalah Lada Granta Classic. Lada kini bakal dijual tanpa airbag, navigasi satelit, ABS, dan seatbelt pretensioner. Mobil juga hanya memenuhi standar emisi Eropa tahun 1996.

Lada Granta Classic bukan satu-satunya mobil 'korban' akibat sanksi yang tengah diterima oleh Rusia. Kabarnya, fitur pada mobil merek Rusia lain yakni Lada Niva juga bisa jadi dipangkas fitur-fiturnya.

Dalam laman resminya, Lada Niva merupakan mobil berpenggerak 4x4 dengan tiga pintu. Adapun fitur di dalamnya juga terlihat tidak banyak. Untuk model Classic, terdapat Isofix, Power Window, hingga Radio Connector.

Sedangkan AC terdapat pada Lada Niva varian Luxe dan Urban. Mobil menggendong mesin 1.690 cc yang sanggup menyemburkan tenaga setara 83 hp pada 5.000 rpm dan torsi 129 Nm pada 4.000 rpm. Disebutkan mobil telah memenuhi standar Euro-5.



Simak Video "Mobil Rusia yang Mau 'Invasi' di Indonesia Jadi Nggak?"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)