Mobil Imut Kei Car Honda N-Box dan N-One Sudah Hadir di Indonesia

Hafizh Gemilang - detikOto
Jumat, 20 Mei 2022 13:34 WIB
Jakarta -

Kei Car atau mobil kecil untuk pasar domestik Jepang menjadi mobil yang sangat populer di Negri Sakura. Duo kei car jagoan Honda yakni N-Box dan N-One sudah masuk ke Indonesia dan sudah bisa dimiliki.

Honda N-Box dan N-One ini tentu tidak masuk secara resmi lewat agen pemegang merek (APM) Honda di Tanah Air yakni PT Honda Prospect Motor, melainkan lewat importir umum (IU) Safari Motor.

Dealer yang khusus menjual kendaraan CBU yang berlokasi di Karang Tengah, Tangerang, ini sudah membuka keran pemesanan dengan cukup membayar uang muka sekitar 30% sampai 50% dari harga jualnya kelak.

Honda N-BoxWujud Honda N-Box tipe tertinggi yang dijual oleh Safari Motor Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto

Meski saat ini Safari Motor belum punya hitungan yang pas untuk menjualnya, mereka sudah membuka keran pemesanan dan penggemar kei car yang menjadi langganan Safari Motor langsung menyambut dengan antusias.

"DP (uang muka) paling 30-50 persen dari harga. Berarti sekitar Rp 300 jutaan lah," buka Kamal Firhad pemilik dealer Safari Motor kepada detikOto pada Kamis (19/5/22).

Namun pecinta kei car yang tertarik dengan mobil ini harus bersabar. Sebab Kamal baru memasukkan beberapa unit dan untuk display.

"Untuk inden itu kita di Jepang kalau ready berarti bisa cepat, sekitar satu bulan. Kalau di sana (Jepang) inden, bisa dua bulan," ujar Kamal menjelaskan lama pemesanan kei car ini di luar durasi pengiriman.

Unit display yang dihadirkan Kamal ke Safari Motor adalah Honda N-Box dan N-One tipe tertinggi. Namun, Kamal mengatakan dia bisa membawa tipe lain yang diinginkan oleh calon pembelinya.

Honda N-One dan Honda N-BoxHonda N-One sudah bisa dipesan di Indonesia Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto

Perawatan dan Suku Cadang Terjamin

Kamal sudah lama mempelajari tentang kei car, sehingga ia menjamin untuk perawatan setelah membelinya. Ia mengatakan sudah bekerjasama dengan beberapa mekanik yang siap melakukan perawatan rumahan dan mendatangkan suku cadang jika dibutuhkan.

"Untuk part kei car ini juga ga mahal-mahal banget. Kayak filter-filter hampir sama dengan mobil Jepang lain," ujar Kamal.

"Sekarang tuh mekanik bengkel CBU sekarang juga keren-keren sih, alat-alatnya udah canggih-canggih," lanjutnya.

Honda N-One dan Honda N-BoxHonda N-Box dan N-One yang dipamerkan di Safari Motor merupakan top of the line atau tipe tertinggi di masing-masing modelnya. Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto

Spesifikasi Honda N-Box dan N-One

Honda N-Box dan N-One yang dipamerkan di Safari Motor merupakan top of the line atau tipe tertinggi di masing-masing modelnya.

Untuk Honda N-Box dan N-One, hadir dengan mesin yang identik. Di Safari Motor, unit display-nya mengusung mesin DOHC 3-silinder segaris dan dengan turbo charged. Sesuai regulasi kei car, N-Box ini mengusung mesin berkapasitas 658 cc.

Diklaim tenaga dari mesin turbonya ini mampu tembus 64 PS di 6.00 RPM dan torsi 104 Nm di 2.600 RPM. Mesin mungilnya ini juga sangat efisien, dari pengetesannya diklaim mesin N-Series ini mampu menempuh 20 hingga 25 km dengan satu liter bensin.

Secara dimensi juga kei car ini harus mengikuti regulasi. Itu kenapa posturnya cukup kompak jika dilihat. Untuk Honda N-Box punya panjang total 3.395 mm, lebar 1.475 mm, dan tinggi 1.790. Sedangkan N-One lebih pendek dengan tinggi 1.545 mm dan lebar serta panjang sama dengan N-Box.

Kedua mobil ini juga sudah dibekali dengan sistem keselamatan canggih berbasis radar yang dinamakan Honda SENSING.

(mhg/din)