Kei Car Sebenarnya Cocok untuk Indonesia, tapi Dimana Belinya?

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Senin, 25 Apr 2022 16:06 WIB
Honda N-Box Kei Car
Ilustrasi Kei Car Honda N-Box yang populer di Jepang (Foto: Honda)
Jakarta -

Kei Car adalah kategori mobil yang ukurannya paling kecil, emisinya rendah, dan identik dengan bentuk kotak. Mobil ini sangat populer di Jepang, namun tidak banyak populasinya di Indonesia.

Salah satu dealer spesialis kendaraan CBU, Safari Motor, saat ini tengah dalam proses membawa Kei Car ke Indonesia. Menurut mereka, Kei Car ini sangat cocok untuk digunakan di kota-kota besar di Indonesia yang padat lalu lintasnya.

"Kei car tuh cocok banget buat Indonesia. Untuk pakai dalam kota pas banget, bahkan kalau dibawa ke luar kota juga menurut saya oke kok," papar Kamal Firhad penggawa Safari Motor kepada detikOto.

Safari Motor sebenarnya sudah lama 'main' mobil CBU. Dulu mereka aktif memasukkan Toyota Velfire CBU ke Tanah Air, namun beberapa tahun terakhir mereka sempat hiatus dan kini berencana untuk comeback.

"Gue liat sekarang mobil listrik udah mulai jalan, ya kan? Nggak mungkin dong mobil-mobil kecil nggak jalan?," papar Kamal.

"Sebenarnya sih ide-ide kayak gini udah lama. Cuma saya baru dapat jalannya untuk masukin Kei Car," lanjutnya.

Safari Motor berencana membawa beberapa model Kei Car ke Indonesia. Mereka juga sempat beberapa kali menunggah foto brosur Kei Car Honda di akun media sosialnya. Namun, Safari Motor belum mau mengonfirmasi kepada detikOto soal lini pasti yang akan mereka masukkan.

"Kisi-kisinya ya mobil ini pakai Turbo. Soal modelnya apa, nanti kami kasih tau detik pokoknya," papar Kamal.

Daihatsu pernah mengatakan kepada detikoto alasan Kei Car kurang populer di Indonesia, yakni karena tidak muat banyak orang. Mereka berdalih, orang Indonesia suka mobil yang 7-seater.

"Kenapa Daihatsu di Indonesia nggak jual kei car ya karena nggak ada yang mau. Orang Indonesia itu maunya yang 7-seater," kata Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra, di Sunshine City Prince Hotel, Tokyo, Jepang, pada akhir 2019 lalu.

Meski begitu, Daihatsu sempat membawa Kei Car ke Indonesia seperti Daihatsu Tanto di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Bukan untuk dijual massal di Indonesia, mobil itu hanya dipajang Daihatsu.

Bahkan Daihatsu juga sempat tertangkap kamera sedang menguji Kei Car Daihatsu Thor di jalanan di Indonesia. Tapi pengetesan itu ternyata bukan dalam rangka riset model baru untuk pasar Indonesia.

Kata Amel, pengetesan itu dalam rangka untuk menguji coba mesin 1.000 cc dengan turbo. "Kita coba melihat mesin dengan 1 liter turbo di Indonesia akan berbeda tidak dengan mesin yang tidak turbo. Itu saja. Jadi tidak ada maksud Daihatsu yang dikatakan teman-teman (akan menjual-Red) Thor," lanjutnya.

Saat ini masyarakat Indonesia yang menginginkan sebuah Kei Car rasanya harus membelinya lewat importir umum atau dealer mobil CBU seperti Safari Motor. Dari pantauan detikOto ada beberapa Kei Car bekas yang dapat dibeli lewat marketplace mobil bekas seperti Daihatsu Coppen ataupun Daihatsu S660.



Simak Video "Baru Datang dari Jepang, Begini Kecanggihan Kei Car Honda N-Box dan N- One"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)