Selasa, 03 Nov 2020 15:34 WIB

Mobil Mungil Kei Car Disulap Jadi Rumah Berjalan: Bisa Muat Kasur, Dapur, dan Sofa

Luthfi Anshori - detikOto
KIA Ray dimodifikasi jadi camper van Mobil mungil ini disulap jadi rumah berjalan. Foto: Carbuzz
Jakarta -

Mobil kemping alias camper van biasanya menggunakan mobil besar berkapasitas 7 penumpang seperti MPV atau SUV. Tapi ternyata mobil mungil (kei car) bisa juga disulap jadi 'rumah berjalan'. Mobil ini bisa dijadikan kasur, ruang tamu, bahkan dapur.

Perusahaan spesialis pembuat motorhome asal Korea Selatan, Daon TNT, membuat sebuah camper van dengan basis dari mobil city car KIA Ray.

Mobil yang hanya dijual di Korea Selatan itu punya dimensi yang sangat kompak, panjangnya hanya sekitar 3,6 meter dan lebih pendek sekitar 58 cm dari Kia Soul dan 25 cm lebih pendek dari hatchback dua pintu Mini Cooper.

KIA Ray dimodifikasi jadi camper vanKIA Ray dimodifikasi jadi camper van Foto: Carbuzz

Jika melihat spesifikasi dimensi KIA Ray yang serba terbatas itu, rasanya tidak mungkin mobil ini dijadikan sebuah camper van yang nyaman dan layak digunakan untuk perjalanan jauh. Tapi di tangan Daon TNT, KIA Ray benar-benar disulap menjadi sebuah camper van.

Daon TNT tidak hanya menyematkan kasur di dalam kabin KIA Ray, tapi juga berhasil menjejalkan dapur mini dengan wastafel geser, pasokan listrik, dan sebuah kompartemen untuk penyimpanan alat dan perlengkapan berkemah.

Secara teknis, camper van yang dinamakan Ravy ini bisa menampung empat orang. Dua orang bisa tidur di ruang kabin, dan dua orang lainnya bisa tidur menggunakan tenda model pop-up yang berada di atas atap.

KIA Ray dimodifikasi jadi camper vanKIA Ray dimodifikasi jadi camper van Foto: Carbuzz

Selain tempat tidur yang layak, camper van Ravy juga dibekali fitur fungsional lainnya seperti sistem pencahayaan LED di area interior, juga stop kontak.

Kemudian saat kursi depan dalam posisi normal, kompartemen di belakang bisa dijadikan sofa untuk bersantai sembari menikmati tenggelamnya matahari di ufuk timur.

KIA Ray yang dimodifikasi jadi rumah berjalan ini masih membawa spesifikasi mesin standar 1.000 cc, yang bisa menghasilkan tenaga puncak 75 dk.

KIA Ray dimodifikasi jadi camper vanKIA Ray dimodifikasi jadi camper van Foto: Carbuzz


Simak Video "Kontes Modifikasi Angkot, Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com