Satu-satunya di Dunia Mobil Dibuat dari Es dan Bisa Jalan

Rizki Pratama - detikOto
Senin, 02 Nov 2020 19:48 WIB
Mobil yang terbuat dari es ini dapat berfungsi dan legal di jalan.
Mobil terbuat dari es Foto: Canadian Tire
Jakarta -

Tidak dapat dipungkiri bahan metal dan turunannya adalah material terkuat yang dipakai dalam membuat mobil. Tapi mungkinkan ada bahan lain juga ternyata yang dapat dipakai untuk membuat mobil, yaitu air yang sudah dibekukan atau es.

Mobil ini bukan sekedar pajangan atau hiasan karya seni belaka. Mobil yang terbuat dari es ini benar-benar berfungsi, dapat dikendarai, dan legal di jalan raya.

Mobil yang terbuat dari es ini dapat berfungsi dan legal di jalan.Mobil yang terbuat dari es ini dapat berfungsi dan legal di jalan. Foto: Canadian Tire

Mobil ini dibuat oleh Canadian Tire pada tahun 2013 lalu. Tujuannya hanya sebagai membuktikan komponen mobil buatan mereka seperti ban dan baterai dapat bertahan di cuaca ekstrim Kanada.

Untuk merealisasikan mobil es ini, ada sebuah basis mobil yang dibutuhkan dan kebetulan iitu adalah sebuah truk pikap Chevrolet Colorado. Sebelum diubah menjadi mobil es, mobil ini diperiksa dulu lalu ditelanjangi untuk dimodifikasi.

Perubahan awal mulai dari rangka baru, menurunkan dudukan mesin, dan menambahkan beberapa kipas untuk menjaga es tetap beku.

Setelah itu, mobil dikirim ke Iceculture untuk membuat body dari es. Tantangan pembuat es ini adalah memastikan body es tidak pecah ketika mobil melakukan manuver dan dapat beku lebih lama. Body es ini juga diminta untuk transparan yang mana dapat dilakukan dengan menyedot udara dari kandungan es.

Mobil yang terbuat dari es ini dapat berfungsi dan legal di jalan.Mobil yang terbuat dari es ini dapat berfungsi dan legal di jalan. Foto: Canadian Tire

Setelah body selesai, mobil ini berhasil beroperasi dan melaju di sejauh 1,6 km dengan kecepatan rata-rata 20 km/jam. Mobil ini sayangnya tak tercatat dalam buku rekor tapi sukses menarik perhatian dunia.

Chevy es memiliki berat total 6,8 ton. Kandungan esnya saja mencapai 4,6 ton. Selain body mobil ini masih menggunakan kelengkapan mobil standar seperti sabuk pengaman, roda kemudi, dan tuas perseneling. Sementara itu tempat duduk dasbor, kaca spion, plat nomor terbuat dari es juga.

Mobil yang membuat perusahaan Kanada ini terkenal umurnya tak lama. Setelah mobil didokumentasikan dan melakukan perjalanan bersejarah, mobil ini kembali menjadi air dalam waktu 40 jam.



Simak Video "Kontes Modifikasi Angkot, Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)