Rabu, 28 Okt 2020 18:23 WIB

Sayang Banget, Kenapa Anak Muda Indonesia Enggan Pakai Part Modifikasi Lokal?

M Luthfi Andika - detikOto
Bodykit Porsche Buatan Anak Bangsa Karma Body Kit Foto: Dok. IMX
Jakarta -

Semangat 'Sumpah Pemuda' yang diperingati pada setiap 28 Oktober bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan tetap kreatif melahirkan karya yang bisa mengharumkan nama bangsa. Namun sayangnya, hingga saat ini masih banyak pemuda-pemudi Indonesia yang malu untuk menggunakan produk dalam negeri bahkan hal tersebut juga berlaku untuk urusan modifikasi mobil.

Karena banyak pemuda pemudi yang gemar melakukan modifikasi mobil memilih untuk menggunakan brand dari luar negeri untuk menambah kece tampilan mobil kesayangan, seperti yang disampaikan punggawa Karma Body Kit, Kiki Anugraha.

"Kalau kita ngomongin soal industri di Indonesia itu memang banyak masyarakat susah menerima produk lokal (dalam negeri). Berbeda dengan di Jepang, kalau di Jepang ada bendera lain pada barang tertentu maka mereka tidak percaya begitu saja, karena mereka lebih percaya pada produk lokal mereka," kata Kiki.

"Itu yang coba saya tanam di Indonesia (mencoba memberikan produk terbaik body kit atau part modifikasi agar bisa dipilih konsumen di Indonesia, dengan seperti itu industrinya akan jauh lebih berkembang," Kiki menambahkan.

Bodykit Porsche Buatan Anak BangsaBodykit Porsche Buatan Anak Bangsa Foto: Dok. IMX

Teori Kiki mengenai banyaknya masyarakat Indonesia termasuk para pemuda pemudinya yang memilih produk luar negeri dibandingkan produk lokal bukan tanpa alasan.

"Sekarang kalau kita lihat orang luar saja suka dengan produk Indonesia masa kita tidak bangga sih. Makanya pas awal saya set pertama kali Karma Body Kit untuk dijual di luar negeri, tujuan saya tidak di Indonesia terlebih dahulu tapi luar negeri. Setelah dari luar negeri sudah boom, Indonesia baru lihat hal itu. Ya memang seperti sudah budaya kita seperti itu, tapi sayang saja yang merasakan kesempatan itu orang luar, harusnya kita sebagai orang Indonesia harusnya bisa bangga dengan produk dalam negeri yang berkualitas," ujar Kiki.

Perjalanan body kit made in Indonesia pun dimulai dan terus diterima dengan baik di mata dunia. Berbagai orderan part body kit dari mancanegara mulai berdatangan, salah satunya pada model terakhir yang diperkenalkan Karma pada ajang IMX 2020 yakni Karma Cayman.

Dalam paket penjualannya Karma Cayman menjual modifikasi mulai dari bumper depan, bumper lips, side skirt bumper belakang, fender, over vender, dan wing spoiler. Desain agresif khas KARMA Bodykit dengan air dam besar serta lekukan khas di ujung-ujung bumper dan side skirt tetap dipertahankan yang membuatnya berbeda dengan produk body kit lainnya. Semua fungsi dan performa body kit ini sudah diperhitungkan secara matang, termasuk pemasangannya yang plug and play.

Sebagai catatan KARMA Cayman dijual seharga 4.000 dolar Amerika Serikat dan saat ini sudah masuk dua pesanan dari dalam dan luar negeri untuk body kit tersebut.



Simak Video "Kontes Modifikasi Angkot, Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com