Kamis, 03 Okt 2019 15:00 WIB

Bodykit Mobil Karya Anak Bangsa Laris Manis Dibeli Modifikator Asing

Luthfi Anshori - detikOto
Bodykit Mobil Karya Anak Bangsa Foto: Luthfi Anshori/detikcom Bodykit Mobil Karya Anak Bangsa Foto: Luthfi Anshori/detikcom
Jakarta - Secara perlahan industri aftermarket di Indonesia mulai menunjukkan tajinya di dunia internasional. Salah satu karya aftermarket lokal yang cukup digemari modifikator luar adalah bodykit buatan Karma.

Meluncur pertama kali di ajang Indonesia Modification Expo (IMX) 2018, bodykit Karma diklaim sudah terpesan sebanyak belasan unit.

"Dalam satu tahun ada 12 bodykit yang terjual, 5 di Indonesia, 7 di US (Amerika Serikat)," kata desainer Karma, Kiki Anugraha, ditemui di ajang Indonesia Modification Expo (IMX) 2019, Balai Kartini, Jakarta akhir pekan lalu.



Menurut Kiki, sejatinya bodykit Karma bisa saja terjual lebih banyak dari yang sekarang. Namun kemudian banyak kustomer luar negeri yang membatalkan transaksi lantaran biaya ongkir yang mahal.

Bodykit Mobil Karya Anak Bangsa Laris Manis Dibeli Modifikator AsingFoto: Luthfi Anshori/detikOto


"Ada potensi shipping sampai 90 unit, tapi nggak sampai segitu karena biaya kirimnya kemahalan. Dengan harga bodykit-nya yang 3.000 USD, sudah banyak orang yang cocok. Nah, begitu kita kasih biaya shipping-nya sekian, langsung 'ilang mereka'. Biaya shipping-nya sendiri itu sekitar 2.100 USD," terang Kiki.

Untuk memenuhi permintaan konsumen di AS dan Kanada, Kiki mengatakan sudah membuka jaringan distributor di sana.

Sedikit informasi, bodykit Karma khusus didesain untuk model Toyota FT86. Namun untuk pasar luar negeri, kebanyakan dipakai untuk mempermak tampilan Subaru BRZ dan Scion FRS.

Bodykit mobil dengan konsep street racing widebody ini dibuat oleh Kiki bekerjasama dengan desainer kondang asal Amerika Serikat, Monaco Auto Design.

Dalam paket bodykit mobil bergaya racing ini, terdiri dari beberapa part. "Mulai dari bemper depan, splitter, 2 fender depan, 4 over fender, side skirt, bemper belakang, difusser, dan duck tail," kata Kiki.

Konsep bodykit ini sendiri dinamakan 'Karma' yang merupakan kependekan dari Kiki AnugRaha Monaco Auto design. Bodykit Karma dijual seharga USD 3.000.

Simak Video "Gaharnya Mobil Desa Seusai Dimodifikasi"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com