Rabu, 28 Okt 2020 09:46 WIB

Semangat Sumpah Pemuda: Part Modifikasi Mobil Made In Indonesia yang Mendunia

M Luthfi Andika - detikOto
Bodykit Porsche Buatan Anak Bangsa Part modifikasi Karma yang dijual di luar negeri (Dok. IMX)
Jakarta -

Semangat Sumpah Pemuda dewasa ini bukan hanya sekedar satu suara mengaku bertumpah darah satu tanah Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia. Namun semangat sumpah pemuda saat ini bisa ditunjukkan dalam bentuk karya yang bisa membanggakan Indonesia.

Seperti pada industri otomotif dewasa ini, kita sebagai bangsa Indonesia wajib bangga karena kini ada part modifikasi buatan Indonesia yang sudah 'Go International' seperti karya Kiki Anugraha 'Karma'.

Karma Body Kit diproduksi di Bandung Jawa Barat sejak 2018 dan telah melahirkan Body Kit Karma 86, Karma Aventador, dan Karma Porsche Cayman 987.2. Tercatat beberapa konsumen luar negeri seperti dari Amerika Serikat dan Canada menyukai part modifikasi buatan Indonesia, bahkan rela menunggu untuk bisa memilikinya.

"Dari awal memang saya suka dengan modifikasi dari keluarga saya, bapak saya, kakak saya semuanya suka memodifikasi mobil. Kebetulan saya dari kecil sudah mengenal part-part modifikasi, setelah dewasa saya modifikasi mobll saya," ujar Kiki kepada detikOto.

Namun semangat untuk bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia sekaligus menyalurkan hobi dirinya, Kiki memilih untuk bisa memproduksi bodi kit sendiri dengan kualitas internasional dan disukai oleh pencinta otomotif dari beberapa negara.

Bodykit Porsche Buatan Anak BangsaBodykit Porsche Buatan Anak Bangsa Foto: Dok. IMX

"Saya sudah banyak pasang body kit after market dari berbeda-beda merek sambil saya mempelajari, seperti tahun 2014 saya menggunakan body kit Rocket Bunny dari Jepang, part modifikasi ini saya pelajari kekurangannya apa saja begitu juga dengan body kit lainnya saya pelajari semua kekurangan masing-masing brand," kata Kiki.

"Baru pada 2018 saya sudah mulai bosan dengan body kit mobil saya dan saya ingin upgrade. Tapi pilihan body kit yang ada saya kurang berkenan, akhirnya saya berpikir, kenapa saya tidak buat body kit sendiri buatan Indonesia tapi memiliki kualitas yang sama seperti brand luar negeri dan saya bisa jual secara international," Kiki menambahkan.

Perjalanan body kit made in Indonesia pun dimulai dan terus diterima dengan baik di mata dunia. Berbagai orderan part body kit dari mancanegara mulai berdatangan, salah satunya pada model terakhir yang diperkenalkan Karma pada ajang IMX 2020 yakni Karma Cayman.

Dalam paket penjualannya Karma Cayman menjual modifikasi mulai dari bumper depan, bumper lips, side skirt bumper belakang, fender, over vender, dan wing spoiler. Desain agresif khas KARMA Body Kit dengan air dam besar serta lekukan khas di ujung-ujung bumper dan side skirt tetap dipertahankan yang membuatnya berbeda dengan produk body kit lainnya. Semua fungsi dan performa body kit ini sudah diperhitungkan secara matang, termasuk pemasangannya yang plug and play.

Sebagai catatan KARMA Cayman dijual seharga 4.000 dolar Amerika Serikat dan saat ini sudah masuk dua pesanan dari dalam dan luar negeri untuk body kit tersebut.



Simak Video "Rayakan Sumpah Pemuda dengan Tanam Terumbu"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com