Yang Menarik di IMX 2020: Modifikasi Mobil Bekas Taksi Hingga Skuter Listrik Custom

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 06 Okt 2020 18:55 WIB
Pameran modifikasi pertama di Indonesia Modification Expo (IMX) 2018 resmi dibuka hari ini, Sabtu (17/11/2018) di Balai Kartini, Jakarta. Begini suasananya.
IMX 2018. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Perhelatan Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 akan digelar 4 hari lagi. Pameran modifikasi tahun ini dipastikan berjalan menarik, sebab dilaksanakan secara virtual menyusul terjadinya pandemi virus Corona. Meski hanya bisa disaksikan lewat layar gadget, gelaran IMX 2020 patut ditunggu karena bakal menghadirkan karya-karya modifikasi yang unik, beberapa di antaranya adalah kontes modifikasi mobil bekas taksi dan skuter listrik custom.

Kontes modifikasi mobil bekas taksi dikemas dalam acara Live Modz 2020. Pertarungan kreativitas modifikasi 3 YouTuber otomotif (Ridwan Hanif Rahmadi, Fitra Eri, dan MotoMobi) dalam memodifikasi kendaraan eks taksi dan banjir. Ketiga mobil kontestan akan dinilai oleh dewan juri yang di antaranya terdiri dari Bambang Soesatyo (Ketua MPR RI), dan Andre Taulany (entertainer), dan pemenangnya akan diumumkan di IMX 2020.

Sementara modifikasi skuter listrik 'The Survivor' karya Katros Garage bakal menjadi hadiah yang diikutkan dalam sesi Super Giveaway. Selain skuter itu, satu unit Suzuki Ignis 'Time Attack' juga menjadi bagian dari Super Giveaway tersebut.

"IMX 2020 sangat istimewa karena bertepatan dengan ulang tahun Suzuki Indonesia ke-50. Untuk merayakannya, kami menghadirkan beberapa line-up yang akan jadi kejutan pada IMX kali ini. Yang pertama kami berkolaborasi dengan NMAA dan Garasi Drift memodifikasi New Ignis untuk dijadikan hadiah atau Supergiveaway untuk penonton. Kedua, kami akan menghadirkan modifikasi SUV Suzuki paling gres yang tampil kokoh dan berkarakter adventure. Kami juga akan meluncurkan produk yang didesain khusus untuk merayakan ulang tahun Suzuki Indonesia ke-50 dan hanya diproduksi terbatas sebanyak 50 unit," bilang ujar Head of 4W Brand Development & Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales, Harold Donnel.

Selain acara tersebut, masih banyak acara menarik lainnya di IMX 2020, antara lain:

Gelis Tuner Competition

Kegiatan ini merupakan adu kreativitas modifikasi antar modifikator dalam mengubah fungsi dan gaya Gerobak Listrik (Gelis). Diikuti oleh Raptor Indonesia, Yoong Motor Indonesia, serta HSR Wheels yang hasil karya modifkasinya akan dinilai serta diumumkan pemenangnya pada IMX 2020.

AMMDesDigimodz #2

Kompetisi digital modification Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) yang diinisiasi Kementerian Perindustrian dan PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) telah mengurasi ratusan karya dari berbagai daerah di Indonesia. Pada IMX 2020 nanti akan diumumkan siapa pemenang utama yang akan mendapatkan piala Menteri Perindustrian RI.

RSKKNI Modifikator

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia bersama para modifikator yang tergabung dalam National Modificator & Aftermaket Association (NMAA) telah menyusun Rancangan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (RSKKNI) sebagai standarisasi kerja modifikator Tanah Air. Tahun ini rencananya RSKKNI akan disahkan menjadi standarisasi baku yang bisa digunakan para pelaku modifikasi.

Line-up baru KARMA Bodykit

Tahun ini bodykit asli Indonesia, KARMA Bodykit akan melansir lini terbaru untuk sportscar menengah Eropa. Ini adalah model ketiga setelah sebelumnya KARMA Bodykit membuat untuk Toyota 86 dan Lamborghini Aventador.

Musa Tjahjono X Pengepul Mobil

Head of Designer rumah modifikasi West Coast Customs, Musa Tjahjono akan berkolaborasi dengan seorang konseptor modifikasi Pengepul Mobil membuat bodykit eksklusif yang akan diproduksi secara eksklusif dan dipasarkan di Amerika Serikat serta Indonesia.

NissanX Bapak2id

Kolaborasi tak biasa antara APM Nissan dengan akun Instagram motivator @bapak2id dalam memodifikasi mobil.

Di tengah keterbatasan, IMX 2020 digelar secara virtual. Konten visualnya pun akan dilangsungkan hanya dalam durasi 4 jam, yaitu pada pukul 13:00-17:00 WIB.

"Selain disuguhkan dengan munculnya produk-produk aftermarket terbaru, jasa modifikasi, kemunculan mobil-mobil modifikasi terbaik di Indonesia, serta Giveaway dan Supergiveaway, para pengunjung/penontonjuga bisa menyaksikan tata panggung, digital imaging, sampai multimedia showspektakuler," bilang Andre Mulyadi selaku IMX Project Director.

"Semua program acara sudah kami integrasikan dan dirancang supaya bisa dinikmati semua pengunjung/penonton IMX 2020. Termasuk memberikan pengalaman belanja produk/jasa modifikasi terbaru atau exclusive secara online melalui Shopee Indonesia berbarengan dengan hari belanja online nasional (harbolnas). Harapannya IMX 2020 bisa menjadi one stop virtual event yang menyenangkan orang-orang yang terlibat di dalamnya," sambung Andre.

Untuk konsep virtual IMX 2020 ini, panitia menyiapkan lebih banyak tiket yang bisa dibeli secara daring (online) melalui www.imx2020.net hingga tanggal 9 Oktober nanti. Setiap orang yang telah memiliki tiket online #IMX2020 secara otomatis akan mendapatkan tautan/link unik yang bisa dipakai untuk menonton penyelenggaraan IMX 2020 dari mana saja melalui gawai (gadget) yang dimiliki.

"Kehadiran Kementerian Perindustrian pada IMX 2020, merupakan bentuk dukungan Pemerintah dalam pengembangan Industri Modifikasi di Tanah Air. Industri modifikasi merupakan bagian dari industri kendaraan bermotor memiliki potensi menjadi pemain dipasar global karena mampu meningkatkan kreativitas, inovasi dan nilai tambah serta memacu berkembangnya pelaku usaha komponen kendaraan yang berbasis sumberdaya lokal, terutama yang berskala industri kecil menengah," ucap Putu Juli Ardika selaku Staf Ahli Menteri Bidang Pendalaman, Penguatan dan Penyebaran Industri Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.



Simak Video "Gaharnya Mobil Desa Seusai Dimodifikasi"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)