KIA Luncukan Mobil Listrik Khusus Taxi di Korea Selatan

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 01 Mei 2022 08:31 WIB
Kia initiates ‘purpose-built vehicle’ strategy with launch of Niro Plus
KIA Luncukan Mobil Listrik Khusus Taxi di Korea Selatan (dok. KIA)
Jakarta -

Pabrikan mobil asal Korea Selatan, KIA, meluncurkan Niro Plus pada Rabu (27/4/22) silam. Mobil ini merupakan mobil listrik murni yang dikhususkan sebagai purpose built vehicle (PBV) atau mobil komersial dan juga sebagai armada taxi.

Peluncuran Niro Plus ini sejalan dan strategi elektrifikasi KIA. Dalam hal ini, KIA ingin mengisi pasar yang lebih luas, yakni industri dan mobilitas umum masyarakat.

Kia initiates 'purpose-built vehicle' strategy with launch of Niro PlusKIA Niro Plus hadir sebagai mobil komersial dan taxi Foto: dok. KIA

"Kia mengubah strategi bisnisnya untuk fokus mempopulerkan EV, dan memperkenalkan produk mobilitas baru yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna di pasar di seluruh dunia. Niro Plus adalah langkah pertama kami ke dunia PBV, pasar yang memiliki potensi besar untuk pengembangan di masa depan," ujar Sangdae Kim, Head of Kia eLCV Business Division lewat keterangan resminya.

Niro Plus hadir dengan basis dari Kia Niro EV yang sudah mengaspal sejak 2018 secara global. Dilansir dari laman resmi KIA Korea Selatan, Niro EV mengusung baterai berkapasitas 64 kWh dan bisa berjalan sejauh 385 km dalam satu kali pengecasan penuh.

Dapur pacu yang disiapkan KIA ke mobil ini diklaim mampu mengeluarkan tenaga sebesar 204 PS dan torsi 395 Nm yang instan ala mobil listrik.

Perbedaan antara Niro EV dan Niro Plus terletak pada dimensinya. Panjang dari Niro Plus bertambah sekitar 10 mm dan tingginya sekitar 80 mm. Hal ini untuk menunjang kelegaan kabin.

Kia initiates 'purpose-built vehicle' strategy with launch of Niro PlusKIA serius untuk menggarap mobil listrik khusus taxi dan mobil komersial, Niro Plus Foto: dok. KIA

Selain itu, Niro Plus taxi juga menggunakan jok serta trim pintu yang lebih tipis dari versi EV standarnya. Demi menekan harga produksi dan juga membuatnya lebih tepat guna, KIA juga mengganti layar multimedia di bagian depan dengan layar yang dapat menampilkan informasi navigasi, trip meter, taximeter, digital tachograph, hingga informasi tentang mobil listrik.

KIA punya rencana untuk membawa mobil listrik khusus taxi dan kendaraan komersial ini secara global. Menurut mereka, mobil listrik ini akan cocok untuk bisnis umum bahkan bisnis wisata.

"Kia merencanakan versi umum Niro Plus untuk pemilik pribadi, yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan bisnis dan rekreasi termasuk layanan panggilan mobil. Misalnya, Kia membayangkan skenario di mana pemilik usaha kecil menggunakan Niro Plus untuk bekerja selama seminggu, sebelum memanfaatkan keserbagunaannya di akhir pekan untuk kegiatan rekreasi seperti berkemah atau mengunjungi pantai atau pegunungan," tulis KIA.

"Kia bertujuan untuk secara bertahap memperluas bisnis PBV di seluruh dunia dengan Niro Plus, dan pasar peluncuran lebih lanjut dan detailnya akan segera diumumkan," tutup KIA.

KIA tak membagikan informasi mengenai harga jual mobil listrik Niro Plus ini. Namun dalam versi standar Niro EV dijual dengan harga mulai dari 47,9 juta won Korea Selatan atau setara dengan Rp 547 jutaan.



Simak Video "Duh! KIA Carens Laku di India, Tapi Indennya Tembus 1,5 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/lua)