Mau Mudik Bawa Mobil Klasik? Bisa, Cek Dulu Harganya di Dealer Malique Selatan Djakarta

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Jumat, 29 Apr 2022 15:50 WIB
Jakarta -

Dealer mobil bekas mungkin sudah biasa. Tapi yang ditawarkan dealer Malique Selatan Djakarta ini cukup berbeda. Di sini, para pencari mobil bekas siap-siap disuguhkan dengan mobil langka nan istimewa.

Mobil bekas yang dijual oleh Malique Selatan Djakarta sangat tersegmentasi dan pasarnya juga cukup unik. Sebab mereka mempunyai kriteria khusus akan mobil yang dijualnya. Salah satunya adalah dari segi rare atau kelangkaannya.

"Rare sih yang penting. Kalau enggak rare sih, kondisi istimewa, kalau enggak original-an, kalau enggak, kalau enggak restorasinya gila-gilaan kayak (Mercedes-Benz) 280 GE nih," ujar Jacobus salah satu crew dari Malique Selatan Djakarta.

Pada saat detikOto datang ke dealer Malique Selatan Djakarta yang berlokasi di Bursa Mobil Mall Blok M di Jakarta Selatan, dealer ini memajang tujuh mobil tua yang kondisinya sangat istimewa. Kendati demikian, Jacobus mengaku Malique Selatan Djakarta masih punya banyak stok di gudang penyimpanan mereka. Berikut stok yang sedang dijual oleh Malique Selatan Djakarta per April 2022.

Infiniti G50 1994Wujud Infiniti G50 1994 yang dijual oleh Dealer Malique Selatan Djakarta Foto: 20detik

Infiniti G50 (Q45) 1994

Pertama kita mulai dari sedan mewah asal pabrikan Jepang, Infiniti. Merek mobil satu ini memang tergolong kurang populer di Indonesia. Infiniti merupakan sebuah divisi khusus yang menjual mobil-mobil mewah dari merek Nissan. Menurut Malique Selatan Djakarta, Infiniti ini populer di pasar Amerika Serikat atau United States Domestic Market (USDM).

Dealer ini menjual sebuah sedan mewah Infiniti G50 lansiran tahun 1994. G50 ini merupakan versi facelift dari terdahulunya, sehingga tampak fasianya lebih segar. Selain itu, yang menarik adalah mobil ini hadir dengan mesin buas berkonfigurasi V8 4.500 cc.

"Ini G50 tahun 1994 yang sudah facelift. Kalau yang belum facelift-nya dia, grille-nya enggak begini," papar Jacobus.

Untuk harganya, Malique Selatan Djakarta menjual Infiniti G50 tahun 1994 bekas ini dengan harga di bawah Rp 200 jutaan. "Ini (harganya) enggak sampai Rp 200 juta dan kalian dapatnya interiornya tuh enak banget, mewah. Mungkin kalau sekarang, rasanya kayak Nissan Teana, XV 250 tuh rasa-rasanya. Nah ini versi lebih legend-nya," lanjutnya.

Mercedes-Benz 280 GE 1986Wujud Mercedes-Benz 280 GE 1986 yang dijual oleh dealer Malique Selatan Djakarta Foto: 20detik

Mercedes-Benz 280 GE (W461) 1986

Perwakilan SUV klasik asal Jerman pun sedang ada di Malique Selatan Djakarta, yakni Mercedes-Benz 280 GE dengan kode W461 lansiran tahun 1986. Mobil ini sangat spesial sebab direstorasi layaknya jip Mercy original dan barangnya pun sulit didapatkan.

"Spesialnya mobil ini tuh, restorasinya back to ori. Kalau kalian punya uangnya pun, belum tentu bisa bangun kayak gini. Serius barangnya (part) susah banget. Contoh yang gampang, pelek nih harganya Rp 40 jutaan tapi kalau kalian cari di market place, itu biasanya orang suruh dp dulu dan barangnya bisa enam bulan, tujuh bulan, atau delapan bulan,"

Mercy 280 GE yang dijual oleh Malique Selatan Djakarta mengusung mesin 2.800 cc 4-siinder segaris yang tenaganya disalurkan ke-empat rodanya alias 4WD. Menurut Malique Selatan Djakarta, mesin klasiknya ini punya karakter yang khas dan 'bandel' hingga bisa meminum bensin RON rendah atau kotor sekalipun.

Malique Selatan Djakarta mengaku sangat sulit untuk mencari barang dengan kondisi restorasi seperti ini. Mereka menjual Mercedes-Benz 280 GE bekas lansiran 1986 ini dengan harga kisaran Rp 800 jutaan.

Mercedes-Benz S 500 SEL 1995Wujud Mercedes-Benz S 500 SEL 1995 yang dijual oleh dealer Malique Selatan Djakarta Foto: 20detik

Mercedes-Benz S 500 SEL 1995

Masih dari pabrikan Mercedes-Benz, Malique Selatan Djakarta juga punya stok sedan mewah bernama Mercedes-Benz S 500 SEL lansiran 1995. Meski cukup umum di pasaran, tapi stok yang S 500 yang saat ini dijual oleh Malique Selatan Djakarta istimewa sebab kilometernya rendah dan rawatan.

"Istimewanya mobil ini, kilometernya cukup rendah. Tapi sebenarnya kalau dibilang sampai rendah banget, enggak juga. Cuma termasuk kilometernya rendah dan perawatannya apik, kondisinya luar biasa," ujar Jacobus.

Sedan yang mengusung mesin V8 5.000 cc ini hadir dengan kondisi yang sangat terawat. Bagian interiornya pun masih dalam kondisi yang sangat baik dengan segala fitur yang tergolong canggih untuk sedan berumur lebih dari 25 tahun ini.

"Interiornya masih pada ori, sunroof, pintu vakum semua, jok elektrik depan-belakang, penghangat juga ada di bagian depan," ujar Jacobus menjelaskan Mercy S 500 SEL lansiran 1995 yang mereka jual dengan harga di bawah Rp 400 juta.

[Halaman selanjutnya: Stok lain di Malique Selatan Djakarta]