Toyota Berencana Hidupkan Lagi Nama Celica

Rizki Pratama - detikOto
Senin, 25 Jan 2021 13:50 WIB
Toyota Celica hidup kembali?
Toyota Celica hidup lagi? Foto: Pool (Autoevolution)
Jakarta -

Setelah memberikan teaser Toyota GR 86, Toyota kembali memberikan pernyataan tegas bahwa mereka juga serius dengan mobil sport. Baru-baru ini Toyota mendaftarkan merek dagang Celica.

Bagi anda yang mengikuti perkembangan otomotif tentu tak asing dengan nama Celica khsusnya di tahun 90-an. Mobil ini sempat menjadi favorit pecandu sport yang pada masa itu sedang naik daun.

Tapi apakah nama itu akan kembali dalam wujud sebagai mobil sport? Seperti diketahui akhir-akhir ini mobil Sport Toyota dikerjakan bersama dengan Gazoo Racing sehingga beberapa modelnya menggunakan embel-embel GR.

Sementara itu merek dagang Celica yang baru didaftarkan Toyota tidak menggunakan tambahan GR. Sebut saja ada Supra, Yaris, dan 86 yang ditambahkan embel-embel GR di papan namanya.

Walaupun Toyota belum memberikan pernyataan resmi terkait hal tersebut, strategi kerjasama dengan Gazoo Racing tampaknya tidak diterapkan pada Celica. Ada spekulasi nama Celica hanya akan dipakai tapi modelnya berubah.

Hal ini serupa dengan yang dilakukan oleh Mitsubishi Eclipse yang bangkit lagi sebagai Crossover. Mengingat cara itu dan berkembangnya pasar crossover, ada kemungkinan nama Celica akan dipakai lagi untuk model tersebut, bukan sport seperti dulu.

Sebelumnya ada juga yang beranggapan nama Celica akan dipakai untuk Toyota 86, tapi hal itu segera terbantahkan setelah bocoran Toyota 86 GR terbaru. Jika Celica ini akan direalisasikan tinggal Toyota MR2 yang belum disentuh lagi. Supra, Celica dan MR2 merupakan jagoan mobil sport Toyota yang namanya melegenda.

Produksi Celica berakhir pada 2006 dan hanya dijual di Jepang. Terakhir mobil ini menggunakan mesin berkapasitas 1.800 cc dengan transmisi otomatis 4 percepatan atau manual 6 percepatan.



Simak Video "Mantap! Road Trip Jakarta-Bali with Corolla Cross Hybrid"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)