Toyota Tanamkan Autopilot ke Supra GR

Rizki Pratama - detikOto
Rabu, 20 Jan 2021 20:05 WIB
Toyota Supra Drift bisa melaju dengan teknologi autopilot.
Toyota Supra Drift tanpa supir. Foto: Toyota
Jakarta -

Toyota bekerjasama dengan Stanford's Dynamic Design Lab untuk memberikan sesuatu yang baru di Toyota Supra GR. Toyota Supra ini tidak sembarangan karena sudah dilengkapi sistem kemudi otomatis alias bisa melaju sendiri tanpa ada orang di balik roda kemudinya.

Tujuan dari proyek ini adalah untuk menyatukan kemampuan pengemudi profesional dengan teknologi mengemudi otomatis. Lalu dari sana mereka merancang teknologi keselamatan aktif baru dengan temuan yang mereka dapat dari mobil sport tanpa pengemudi ini.

"Kenyataannya adalah bahwa setiap pengemudi memiliki kerentanan. Untuk menghindari kecelakaan, pengemudi sering kali perlu melakukan manuver di luar kemampuan mereka," kata CEO dan Kepala Ilmuwan Toyota Research Institute, Gill Pratt seperti dilansirkan oleh Autoblog.

"Melalui proyek ini, TRI akan belajar dari beberapa pengemudi paling terampil di dunia untuk mengembangkan algoritme kontrol canggih yang memperkuat kemampuan mengemudi manusia dan menjaga keselamatan orang," sambungnya.

Pada tahap ini, Toyota mencoba menerapkan arsitektur teknologi otonom ke platform Supra. Mobil yang sudah ditanamkan teknologi autpilot bernama Supra drift ini menunjukkan kemampuannya dalam dokumentasi video.

Mobil ini memiliki kemampuan khusus sebagai drifter. Supra mampu memasuki dan mempertahankan drift tanpa ada komando pengemudi.

"Sejak 2008, lab kami telah mengambil inspirasi dari pengemudi mobil balap manusia dalam merancang algoritme yang memungkinkan kendaraan otomatis menangani keadaan darurat yang paling menantang," kata Profesor dari Laboratorium Desain Dinamis Universitas Stanford, Chris Gerdes.

"Melalui penelitian ini, kami memiliki kesempatan untuk memindahkan ide-ide ini lebih dekat untuk menyelamatkan nyawa di jalan," lanjutnya.

Belum ada keterangan bagaimana implementasi dari penelitian ini. Pastinya Toyota berjanji akan membagi temuan penting ini agar dapat diaplikasikan oleh pabrikan lain demi mengurangi kecelakaan lalu lintas.

[Gambas:Youtube]





Simak Video "Mantap! Road Trip Jakarta-Bali with Corolla Cross Hybrid"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)