Bocoran Hypercar Toyota yang Siap Meluncur Tengah Bulan Ini

Rizki Pratama - detikOto
Selasa, 05 Jan 2021 18:46 WIB
Bocoran Hypercar Toyota
Bocoran hypercar Toyota. Foto: Toyota
Jakarta -

Toyota telah lebih dari dua tahun menyiapkan mobil hypercar yang sedang dikembangkan oleh Toyota Gazoo Racing, yang akan bersaing di kelas hypercar baru balap FIA. Hypercar baru ini tidak didasarkan pada model apapun yang pernah digarap oleh Toyota, alias semua benar-benar baru dan dimulai dari nol

Oleh karena itu ada syarat homologasi untuk membuat mobil ini bisa ikut balapan. Mobil ini harus punya versi produksi masal yang legal di jalan minimal 20 unit. Artinya selain untuk balap Toyota akan membuat hypercar ini untuk dijual ke publik juga.

Soal namanya masih sangat dirahasiakan. Tapi pastinya mobil ini akan segera diluncurkan pada 15 Januari 2021.

Dalam kabar soal peluncurannya itu disampaikan dengan teaser di Twitter bersama dengan beberapa spesifikasi performa hypercar tersebut. Mobil ini diklaim memiliki tenaga sebesar 670 hp. Powertrain dikonfirmasi sebagai konfigurasi hybrid berpenggerak empat roda. Mobil ini juga cukup ringan dengan bobot hanya 1.030 kg.

Perlu diingat bahwa ini adalah teaser untuk hypercar versi balapnya. Bisa dikatakan tenaganya memang disesuaikan aturan balap FIA. Bisa jadi versi legal jalannya punya tenaga lebih besar dari versi balap.

Dikutip dari Carbuzz, ada rumor yang mengatakan bahwa mobil ini memiliki nama GR 010 dan menggunakan mesin V6 2,4 liter twin turbo dan 3 motor listrik. Mobil ini diperkirakan akan memiliki harga lebih dari USD 1 juta atau lebih dari Rp 13 miliar.

Bagi yang belum tahu, Gazoo Racing adalah merek olahraga motor dalam grup Toyota yang mengembangkan mobil balap. Akhir-akhir ini Gazoo Racing mulai ambil peran dalam peran dalam produksi mobil untuk jalan raya juga, mulai dari Toyota GR Supra, GR Yaris khusus Eropa, dan GR Corolla yang akan meluncur juga.



Simak Video "#ToyotaDigitalLaunch Total Mobility Solution"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)