Makin Banyak Orang Tajir di RI, Mobil BMW Makin Laris

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 29 Apr 2022 14:05 WIB
Jakarta -

Orang kaya di Indonesia masih memburu mobil baru. Buktinya penjualan produk mobil mewah seperti BMW mengalami kenaikan, bahkan meningkat di kuartal pertama 2022. Brand asal Jerman ini mengklaim jadi mobil premium yang terlaris di Indonesia.

"2022 ini BMW indonesia memulai dengan pencapaian yang sangat cemerlang. Kami kembali menjadi pemimpin kendaraan premium di Indonesia. Ini sudah menjadi kedua kalinya, 2 tahun berturut-turut," ujar Jodie O'tania, Director of Communications saat ditemui di Ciater, Tangerang Selatan, Rabu (27/4/2022).

Jodie mengatakan pada penjualan retail sepanjang Januari - Maret 2022 menjadi kontributor utama di segmen mobil mewah dengan capaian sebanyak 627 unit. Sementara melirik data wholesales Gaikindo mencatat angka 613 unit.

"Pada kuartal pertama ini BMW mendominasi penjualan premium dengan peningkatan 9 persen, tahun ini 627 unit dari tahun sebelumnya 573 unit," tambah Jodie.

Bicara model, untuk mobil terlaris BMW saat masih dipegang oleh BMW X1 dan Seri 3. Di mana banderol X1 termurah saat ini Rp 737 juta (off the road), sedangkan seri 3 termurah Rp 905 juta (off the road).

BMW Indonesia juga terus menambah line up mobil yang dirakit secara lokal di Indonesia. Pada februari lalu, lahir lagi mobil baru rakitan Indonesia. Adalah BMW Seri 2 Gran Coupe yang menjadi keluarga baru BMW yang dirakit secara lokal.

Mobil itu jadi seri termurah yang dijual mulai dari Rp 717 juta (off the road). Namun mobil tersebut belum menjadi tulang punggung penjualan BMW.

"Mobil terlaris masih seri 3 dan X1. Hadirnya BMW seri 2 juga merupakan model penting, untuk orang-orang bisa berpikir bahwa mobil premium juga ada yang harganya affordable atau value for money. Jadi untuk mereka yang mau menggunakan kendaraan premium, sekarang masuk akal," terang Jodie.

Jika dibandingkan kompetitornya, BMW menjadi yang pertama dalam klasemen penjualan retail premium di Indonesia sepanjang Januari - Maret 2022. Tepat di bawahnya, ada Mercedes-Benz sebanyak 530 unit, dan melengkapi tiga besar diisi oleh Lexus sebesar 239 unit.

(riar/dry)