Aset Tanah Tommy Soeharto yang Dilelang Dulunya 'Dihuni' Mobil-mobil Timor

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 27 Apr 2022 20:54 WIB
Mobil Timor
Timor dulu sempat berjaya bahkan mengalahkan penjualan Honda. Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Sejumlah aset tanah dan bangunan milik Tommy Soeharto atas nama PT KIA Timor Motor dan PT Timor Industri Komponen kembali dilelang Satgas BLBI. Diketahui aset tersebut sebelumnya sempat dihuni oleh mobil-mobil Timor. Ya, mobil Timor garapan Tommy Soeharto dulu sempat memikat masyarakat Indonesia. Tapi itu tak bertahan lama.

Penjualan mobil Timor saat pertama kemunculannya cukup cemerlang. Salah satu daya tarik Timor kala itu adalah harga. Saat muncul pertama kali, mobil Timor dibanderol Rp 35 jutaan. Wajar kalau Timor percaya diri dengan menargetkan penjualan 70.000 unit per tahun.

Mengutip data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada tahun 1997 penjualan mobil Timor mencapai 19.471 unit. Kalau membandingkan dengan Toyota memang belum ada apa-apanya. Pada periode yang sama, Toyota sanggup menjual 98.139 unit mobil. Namun angka penjualan Timor masih lebih banyak dari Honda. Honda sepanjang tahun 1997 hanya mampu menjual 6.815 unit.

Saat krisis moneter melanda tahun 1998, penjualan mobil Timor terbilang masih cukup baik. Timor pada tahun lengsernya mantan Presiden Soeharto sanggup membukukan penjualan sebanyak 2.493 unit. Angkanya lebih banyak dari Mazda, Ford, Opel, Nissan, hingga Honda.

Timor dengan S515 masih bisa menunjukan tajinya pada tahun 2009. Penjualannya kala itu mencapai 4.088 unit. Bahkan pada tahun 2000 kembali meningkat menjadi 8.534 unit. Penurunan penjualan terlihat pada tahun 2001. Kala itu, hanya 2.091 unit mobil Timor yang terjual. Tren penurunan terus berlanjut enam tahun setelahnya. Pada tahun 2008, Timor hanya sanggup menjual 4 unit. Sedangkan Honda, terus melesat dengan menjual puluhan ribu unit.

Walaupun dijual sampai tahun 2008, nyatanya proyek mobil Timor telah ditutup pada tahun 1998. Dihimpun dari berbagai sumber Setelah krisis ekonomi Asia yang menyebabkan Kia Motors pada tahun 1997 bangkrut (pada tahun 1998 dibeli oleh Hyundai), dan keruntuhan rezim Soeharto, maka proyek Timor juga ditutup.

Timor dituding berbohong dan mengaku kalau mobil dibuat di Korea dengan menggunakan tenaga kerja asal Indonesia. Kemudian Timor digugat ke WTO (World Trade Organization) oleh perusahaan Jepang.

Perusahaan Jepang tersebut menang dan WTO memutuskan agar Indonesia mencabut keputusan penghapusan bea masuk dan pajak barang mewah mobil Timor.



Simak Video "Menengok Masjid Agung Al-Baitul Qadim, Ziarah Agama Islam Pertama di Timor"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)