Tak Cuma Naik Avanza Cs, Makin Banyak Orang Indonesia Mudik Pakai BMW

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 28 Apr 2022 13:07 WIB
detikOto menjajal mobil BMW X1 di Mallorca
Mobil BMW makin banyak dibawa mudik (Dadan Kuswaraharja/detikOto)
Jakarta -

Musim mudik tak hanya dihiasi mobil-mobil di segmen Low SUV atau Low MPV. Makin banyak orang tajir di Indonesia mudik pakai mobil mewah pribadi.

Salah satu mobil Eropa di Indonesia, yakni BMW mengatakan banyak konsumennya yang mudik pakai kendaraan pribadi. Salah satu pemicu orang Indonesia mudik dengan BMW adalah produk yang sudah diluncurkan dengan gaya SUV yaitu BMW seri X.

"Orang yang mudik pakai BMW itu pasti banyak. Seperti model X kita, itu banyak sekali yang dipakai mudik jalan jauh. Terutama X7, X5, X3. Makanya kita sering bikin acara mudik karena pakai mobil BMW. Tapi kalau berapa banyak datanya, kita belum ada," ujar Jodie O'tania, Director of Communications saat ditemui di Ciater, Tangerang Selatan, Rabu (27/4/2022).

Lebih lanjut dijelaskan Ariefin Makaminan, Vice President Customer Support, BMW Group Indonesia, faktor lain yang juga membuat orang mudik pakai BMW ialah infrastruktur seperti tol yang makin maju.

"Dengan infrastruktur yang baru, otomatis orang menikmatinya pakai mobil. Ini yang kita lihat dalam data dua tahun terakhir," ujar Ariefin.

Dia menambahkan konsumen yang datang ke bengkel untuk melakukan perawatan juga meningkat sebelum musim lebaran tiba. Bahkan tren penggunaan mobil BMW makin jauh jarak tempuhnya.

"Secara angka mobil yang masuk ke bengkel, kita menyebutnya true put. Itu kira-kira 5.000 unit hanya untuk bulan Maret saja di seluruh Indonesia. Secara year to date Maret dibandingkan tahun lalu meningkat sebesar 12 persen," kata Ariefin

"Mileage juga kita lihat lebih panjang, biasanya tiap tahun kita punya data rata-rata 12.000 kilometer per tahun. Ini kita lihat meningkat jadi 20.000-an. Ini yang kita lihat, sejak pandemi," kata dia.

Lihat juga Video: Bukan Avanza, Ini 20 Mobil yang Paling Laris di Maret 2022

[Gambas:Video 20detik]



(riar/din)