ADVERTISEMENT

Wuling Cortez Dijual Rp 310 Jutaan Punya Fitur Ini, Nggak Ada di Innova

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 29 Mar 2022 17:32 WIB
New Wuling Cortez
Wuling Cortez (Ridwan Arifin/detikOto)
Jakarta -

Bermain di segmen MPV, tentu butuh modal lebih bagi Wuling Cortez supaya bisa memikat hati masyarakat Indonesia. Seperti diketahui bersama, di segmen MPV medium masih didominasi oleh Kijang Innova.

Tapi Wuling tak tinggal diam. Baru-baru ini, Wuling merilis Cortez yang dijejali ragam fitur baru. Adalah kehadiran fitur perintah suara Wuling Indonesia Command (WIND) dan bisa mengaplikasikan Internet of Vehicle (IoV). Fitur perintah suara WIND sebenarnya sudah tersemat pada model mobil Wuling lainnya seperti Almaz.

New Wuling CortezNew Wuling Cortez Foto: Ridwan Arifin

Teknologi WIND ini bisa dipakai untuk mengontrol beragam fitur dan aplikasi di head unit, termasuk mengontrol bukaan jendela hingga sun roof (tipe EX). Ini bisa diakses dengan menyebutkan kata kunci 'Halo Wuling'.

Lalu fitur Internet of Vehicles (IoV), menghubungkan mobil dengan pemilik melalui internet. Fungsinya bisa seperti remote control. Hal ini membuat Wuling Cortez bisa dihidupkan mesinnya melalui smartphone. Interkoneksi melalui bluetooth ini juga bisa membuka kunci, kaca, dan membuka kunci bagasi belakang. Ada juga beberapa fungsi IoV tersedia melalui Head Unit mulai dari Online Navigation, Online Music, serta Internet Messaging App.

Kedua fitur itu membuat Wuling Cortez bisa dibilang lebih unggul ketimbang Innova. Innova di Indonesia belum dilengkapi dengan fitur perintah suara. Sedangkan untuk fitur Internet of Vehicle, Kijang Innova juga sudah dilengkapi fitur serupa bernama T-intouch.

New Kijang Innova dan New FortunerNew Kijang Innova dan New Fortuner Foto: Dok. TAM

Fitur T-intouch ini memungkinkan pengendara mengontrol mobil lewat aplikasi mToyota. Tapi fungsi yang tersedia di dalam T-intouch tak sebanyak IoV pada Wuling Cortez. T-Intouch pada Kijang Innova memiliki lima fungsi yaitu mencari posisi mobil, geofencing, informasi waktu perawatan mobil, Toyota Call Center, dan Road Assistance.

Selain itu, Wuling Cortez juga dilengkapi dengan layar hiburan berukuran 10,25 inchi. Layar hiburan ini lebih besar ketimbang Innova yang hanya 9 inchi pada tipe Venturer.

Untuk mobil dengan banderol harga termahal Rp 310,65 juta, Wuling Cortez juga memiliki sunroof. Di Indonesia, fitur sunroof cukup identik dengan kemewahan. Kendati demikian, sunroof juga masih absen di Kijang Innova yang dijual termahal Rp 450,1 juta.

Fitur keselamatan yang dihadirkan Wuling Cortez juga cukup memikat. Cortez dibekali Rear parking camera, front & rear parking sensor,seat belt reminder,Hill Hold Control(HHC), Auto Vehicle Holding(AVH), Dual SRS Front & Side Airbags, ISOFIX car seat,Electronic Stability Control(ESC), front and rear disc brake, Electric Parking Brake, sistem deselerasi ABS, EBD, BA,Tire Pressure Monitoring System,Emergency Stop Signal(ESS), hingga anti fatigue warning.

Beberapa dari fitur tersebut justru terlihat tidak ada di dalam Kijang Innova. Untuk keselamatan, Kijang Innova dilengkapi dengan sistem pengereman ABS dan EBD, SRS Airbag di depan, lutut, sisi samping, dan jendela, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist Control, serta Emergency Brake Signal.



Simak Video "Lebih Canggih! Ini Wujud Wuling Cortez Terbaru"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT