Great Wall China Daftarkan Paten Mobil Sedan di Indonesia, Begini Wujudnya

ADVERTISEMENT

Great Wall China Daftarkan Paten Mobil Sedan di Indonesia, Begini Wujudnya

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 24 Feb 2022 13:26 WIB
Paten mobil sedan Great Wall Motors
Mobil sedan great wall motors Foto: DJKI Kemenkumham RI
Jakarta -

Pabrikan mobil asal China, Great Wall Motor (GWM) mendaftarkan paten desain mobil terbaru di Indonesia. Model mobil tersebut bergaya sedan.

Hal ini diketahui dari Berita Resmi Desain Industri Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM No.5/DI/22 dengan nomor permohonan A00202103436 dan tanggal penerimaan 28 Oktober 2021.

Diketahui alamat pemohon berasal dari Chaoyang Selatan, China. Sementara pendesain dari mobil tersebut di antaranya Zelin Yang, Zhaofel Chao, Dongwei Fu, Kun Gu, Lihua Zu, Peng, Xinli Wu, dan Hixian, Li.

Dari paten yang terungkap Great Wall menyiapkan mobil sedan ala retro. Terlihat dari empat lampu depan yang berbentuk bulat, ditambah dengan body dengan tarikan garis berbentuk kotak.

Ternyata paten tersebut sudah pernah bocor di dunia maya. Laman Carnewschina melaporkannya pada 13 September 2021 lalu.

Desain tersebut dilaporkan merupakan milik pabrikan Great Wall Motors di bawah merek WEY. Mobil ini diprediksi akan meluncuri di pasar China pada tahun 2022.

Ini merupakan sedan pertama dari WEY, tetapi bukanlah perdana yang diproduksi oleh Great Wall, sebelumnya ada merek Voolex C30, C50, dan C70.

Disebut paten desain mobil baru ini mengusung pintu "Suicide Door", yakni pintu bagian belakang dibuka ke arah belakang atau berlawanan dengan arah buka pintu bagian depan. Kebanyakan desain pintu seperti ini digunakan oleh mobil-mobil merek mewah seperti Rolls-Royce Phantom dan Opel Meriva.

Belum ada informasi lebih lanjut mengenai tenaga yang bakal terpasang di balik bonet sedan dari WEY ini. Carnewschina menyebut kemungkinan WEY akan membenamkan mesin 2.000 cc dengan teknologi PHEV yang bisa memuntahkan daya maksimal 515 hp.

Kemungkinan lain, sedan itu akan sepenuhnya listrik, karena tidak ada pipa knalpot yang terlihat di bagian belakang.

Indonesia memang menarik pabrikan otomotif China. Tahun ini akan diramaikan oleh merek Chery.

Sementara merek lain BYD juga sempat tersiar juga bakal ikutan. BYD tidak hanya menjual mobil di Indonesia. Pabrikan mobil asal China tersebut akan mendirikan industri di Tanah Air.



Simak Video "DJKI Kemenkumham Menjawab di Sidang, Ini Respons Pihak Ayah Atta"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT