Great Wall Motor Patenkan Desain SUV ala Jip, Mau Masuk Indonesia?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 27 Des 2021 16:44 WIB
Great Wall Motor Ajukan Paten Desain Mobil Jip di Indonesia
Great Wall Motor Ajukan Paten Desain Mobil Jip di Indonesia. Foto: Pangkalan Data Kekayaan Intelektual Kemenkumham
Jakarta -

Indonesia tampaknya akan kehadiran satu pendatang baru lagi dari China. Pabrikan mobil asal China, Great Wall Motor (GWM) mengajukan paten desain mobilnya di Indonesia.

Hal itu diketahui dari Berita Resmi Desain Industri Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM N0. 40/DI/2021. Dalam dokumen tersebut dilampirkan gambar desain sebuah SUV ala jip.

Dokumen itu tertulis nama pemohon Great Wall Motor Company dan Handem (Guangzhou) Technology Co., LTD. Dijelaskan kegunaan produk adalah sebagai alat transportasi.

Dari gambar paten tersebut, kemungkinan mobil yang didaftarkan ke Indonesia tersebut adalah sebuah SUV GWM Cyber Tank 300. Mobil ini sudah diluncurkan di China dengan jumlah produksi yang terbatas.

GWM Cyber Tank 300 yang desainnya terdaftar di Indonesia ini memiliki bentuk kotak. Aura mobil offroad sangat kental pada mobil bergaya jip ini.

Dikutip dari Car News China, GWM Cyber Tank 300 memiliki body kit lengkap, velg 21 inchi dan skema warna silver doff dengan beberapa sentuhan warna kuning. Selain itu, ada foglamp LED yang unik, kap mesin dengan faux scoop, side skirt, hingga penutup ban serep berbentuk persegi. Suspensinya lebih tinggi 20 mm daripada Tank 300.

Mobil ini ditenagai oleh mesin 2.000 cc turbo bertenaga 227 daya kuda dengan torsi maksimal 387 Nm. Mesin dikawinkan dengan transmisi otomatis 8 percepatan yang menyalurkan tenaga ke semua roda.

Cybertank 300 diproduksi terbatas sebanyak 3.000 unit. Di China, mobil ini dijual dengan harga 308.000 yuan (Rp 687 jutaan).

Sementara itu, tahun depan Indonesia dipastikan kedatangan dua merek otomotif baru dari China. Mereka adalah Chery dan BYD. Chery sendiri sebenarnya bukan barang baru di Indonesia. Beberapa waktu lalu Chery sempat jualan di Indonesia. Kini, Chery akan kembali hadir di Indonesia dengan memproduksi mobil di dalam negeri.

BYD juga tidak hanya menjual mobil di Indonesia. Pabrikan mobil asal China tersebut akan mendirikan industri di Tanah Air.



Simak Video "Mobil China Makin Dipercaya Masyarakat Indonesia, Apa Buktinya?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)