Mulai Serius, Toyota Akan Punya 30 Mobil Listrik Murni pada 2030

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Selasa, 14 Des 2021 20:52 WIB
rencana mobil listrik Toyota
Rencana model mobil listrik yang diluncurkan oleh Toyota hingga 2030 Foto: dok. Toyota Motor Corporation
Jakarta -

Raksasa otomotif asal Jepang, Toyota Motor Corporation (TMC), menargetkan per 2030 mereka akan punya 30 kendaraan listrik murni. Kendaraan listrik murni ini tak hanya meliputi mobil penumpang, tapi juga untuk segmen komersil.

Rencana ini disampaikan oleh Chief Executive TMC, Akio Toyoda dalam konferensi virtual bertajuk Media Briefing on Battery EV Strategies pada Selasa (14/12/21) ini.

"Hari ini, saya ingin berbicara tentang strategi Toyota untuk mencapai netralitas karbon, khususnya strategi kami untuk kendaraan listrik baterai, yang merupakan salah satu opsi yang paling menjanjikan," buka Akio.

rencana mobil listrik ToyotaRencana mobil listrik Toyota Foto: dok. Toyota Motor Corporation

"Selanjutnya, kami akan memperluas opsi untuk kendaraan netral karbon dengan menawarkan jajaran lengkap EV baterai. Secara khusus, kami berencana untuk meluncurkan 30 model EV baterai pada tahun 2030, secara global menawarkan jajaran lengkap EV baterai di segmen penumpang dan komersial," papar Akio.

2030 bukan lah waktu yang panjang. Toyota hanya punya waktu kurang dari sembilan tahun untuk membuktikan rencana mereka ini.

Lini model Toyota yang akan difokuskan untuk menggunakan jantung baterai murni adalah seri Toyota bZ, yang merupakan singkatan dari 'beyond ZERO'.

"Tujuan kami tidak hanya untuk mengurangi emisi CO2 dan dampak negatif lainnya menjadi nol. Tujuan kami melampaui itu. Untuk seri bZ, kami mengembangkan platform khusus untuk EV baterai untuk memenuhi beragam kebutuhan pasar global," papar Akio.

Toyota mengatakan akan memulai peluncuran bZ4X tahun depan dan saat ini mereka tengah mempersiapkan produksinya untuk dijalankan di Toyota's Motomachi Plant.

"Kami akan segera mengirimkannya ke pelanggan kami," papar Akio.

Menariknya, pada sesi konferensi virtual ini Toyota juga menunjukkan mobil compact SUV, midsize SUV, large SUV, hingga sedan yang rencananya akan 'disetrum' atau hadir dengan jantung pacu full elektrik. Selain itu, Toyota juga mengatakan akan memberikan jantung pacu elektrik murni ini ke beberapa model yang sudah ada.

"Kami tidak hanya akan menambahkan opsi EV baterai ke model kendaraan yang ada, tetapi juga akan menawarkan jajaran lengkap model produksi massal dengan harga terjangkau, seperti seri bZ, untuk memenuhi kebutuhan semua jenis pelanggan," ujar Akio.

"Dengan demikian, kami berharap dapat memberikan kepada pelanggan di seluruh dunia gaya yang unik dan indah serta aspek fun-to-drive dari EV baterai, dan pengalaman hidup dengan EV baterai," tutupnya.



Simak Video "Duh! Produksi Mobil Global Toyota Dipangkas Hingga 50 Ribu Unit"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/lth)