Lebih Gagah dari All New Toyota Avanza, Kia Carens Terbaru Siap Meluncur

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 09 Des 2021 19:14 WIB
Sketsa Kia Carens yang akan meluncur di India Desember 2021
Foto: Cartoq. Sketsa Kia Carens yang akan meluncur di India Desember 2021.
Jakarta -

Kia Carens terbaru siap meluncur di India pada 16 Desember 2021 mendatang. Mengisi segmen low MPV (Multi Purpose Vehicle), Kia Carens anyar punya tampilan yang lebih gagah dari All New Toyota Avanza.

Baru-baru ini Kia India resmi merilis gambar sketsa Carens terbaru secara gamblang. Sketsa tersebut memperlihatkan tampak depan, tampak belakang, serta desain dasbor Kia Carens.

Menelisik ke bagian fascia, terdapat LED Daytime Running Light berbentuk Y yang cukup mirip dengan lampu belakang SUV Lamborghini Urus. Kemudian kalau kita melihat bagian grille-nya, sudah tampil lebih modern dan menghilangkan desain Tiger Nose yang khas.

Sketsa Kia Carens yang akan meluncur di India Desember 2021Sketsa Kia Carens yang akan meluncur di India Desember 2021 Foto: Cartoq

Dikutip dari Cartoq, Kia Carens yang diuji coba di jalanan India terlihat memakai lampu depan halogen. Meski demikian, pada model tertingginya diyakini bakal menggunakan lampu LED.

Oiya, alih-alih membawa bahasa desain MPV, karakter Kia Carens ini justru terlihat lebih mirip seperti mobil SUV yang sporty. Tampak bagian depan dihias dengan skid plate yang kekar, lalu pada bagian sampingnya juga sudah dibekali side skirt. Geser ke kaki-kaki, disematkan velg palang lima dual tone.

Terus jika melihat bagian belakangnya, sudah dibekali lampu belakang LED yang terhubung melalui strip merah. Terdapat pula rear spoiler, roof rail di atap, serta bumper belakang yang cukup kekar dan sporty.

Sketsa Kia Carens yang akan meluncur di India Desember 2021Sketsa Kia Carens yang akan meluncur di India Desember 2021 Foto: Cartoq

Tampilan luar yang gahar diikuti dengan tampilan interior yang cenderung mewah dan kaya fitur. Kita bisa lihat bahwa Kia Carens terbaru ini akan dibekali instrumen layar sentuh yang sudah bisa menjalankan Android Auto dan Apple CarPlay. Selain itu, bagian dasbor juga terlihat sangat mewah.

Untuk pilihan mesinnya, Kia belum mengungkapkan informasi tersebut. Tapi diprediksi akan hadir dengan pilihan mesin bensin dan mesin diesel. Kedua mesin akan ditawarkan dengan gearbox manual atau transmisi otomatis.

Karena All New Toyota Avanza tidak dijual di India, maka Kia Carens terbaru akan menjadi penantang Suzuki Ertiga maupun Suzuki XL7. Dan yang menjadi pertanyaan, apakah Kia Carens terbaru ini nantinya juga akan dijual di Indonesia? Tentunya itu bisa terjadi, sebab Kia Indonesia saat ini sudah memasarkan beberapa model Kia yang diimpor dari India, seperti Kia Sonet dan Kia Seltos.

(lua/rgr)