Mobil Listrik All New Kia Niro Meluncur, Pas untuk Selera Indonesia

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Jumat, 26 Nov 2021 14:51 WIB
Kia All New Niro
Wujud mobil listrik Kia All New Niro yang baru diluncurkan di Korea Selatan Foto: KIA
Jakarta -

Pabrikan mobil asal Korea Selatan, Kia, merilis mobil listrik teranyar mereka di ajang Seoul Mobility Show pada Kamis (25/11/21), All New Niro model 2022. Mobil listrik bergaya SUV ini, akan hadir dalam pilihan hybrid, plug-in dan full EV.

Ho Sung Song, Presiden serta CEO dari Kia mengatakan hadirnya All New Niro ini menandakan keseriusan mereka dalam langkah menuju masa depan yang lebih berkelanjutan. Tak heran, banyak komponen serta bagian dari mobil ini yang menggunakan bahan dasar yang ramah lingkungan.

Kia All New NiroKia All New Niro Foto: KIA

"All New Kia Niro memudahkan penerapan gaya hidup berkelanjutan dengan bahan ramah lingkungan, teknologi canggih, dan powertrain listrik, sekaligus memenuhi kebutuhan praktis pelanggan," papar Ho Sung Song lewat keterangan resminya.

Kia Niro sejatinya bukan barang baru di pasar global. Namun dalam versi paling baru atau all new-nya ini, Niro hadir dengan bahasa desain terbaru Kia. Di depan, Kia menyematkan desain 'tiger face' yang khas, serta dilengkapi dengan lampu DRL LED dan model lampu utama yang mereka sebut dengan 'heartbeat'.

Dari samping, Kia Niro terbaru ini tampak mengusung desain mobil konsep Kia HabaNiro yang pernah mereka rilis pada 2019 silam. Hal ini terlihat dari garis atap serta wujud bodi sampingnya yang mirip.

Kia All New NiroKia All New Niro Foto: KIA

Selain itu, yang khas dari HabaNiro adalah desain pilar C-nya diberi lapisan warna yang berbeda dari bagian lain. Unik, karena biasanya mobil 'two-tone' itu membedakan warna atap dan bodi, sedangkan Niro perbedaan warna terletak pada pilar C.

Masuk ke dalam kabinnya, aura futuristis langsung kental terasa di mobil ini. Khas Kia keknian, model layar multimedianya dibuat menyatu dengan layar instrumen kluster digital. Selain itu, terlihat dari gambar yang dirilis oleh Kia, Niro terbaru ini menggunakan banyak perangkat pengaturan mobil yang digital.

Di bagian interiornya Kia banyak menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan serta hasil dari daur ulang. Hal ini, disebutkan oleh Kia, sebagai komitmen mereka untuk membuat kendaraan yang lebih ramah lingkungan.

"Plafon terbuat dari wallpaper daur ulang, jok terbuat dari bahan Bio PU dengan Tencel dari daun kayu putih, serta BTX. Cat juga tak digunakan pada panel pintu untuk meminimalkan dampak terhadap lingkungan dan mengurangi limbah," tulis Kia.

Kia All New NiroKia All New Niro Foto: KIA

Kia All New Niro dengan desainnya yang khas ini, terasa pas dengan selera masyarakat Indonesia. Seperti yang kita ketahui, pabrikan mobil yang ada di Indonesia saat ini tengah berlomba-lomba membuat mobil dengan garis desain ala crossover atau SUV.

Namun hingga saat ini, belum ada informasi tentang kedatangan mobil ini ke pasar Tanah Air. KIA saat ini masih memamerkan All New Niro di ajang Seoul Mobility Show yang akan berlangsung dari 25 November hingga 5 Desember 2021.

Kia mengatakan, mobil ini akan tersedia dalam beragam versi, mulai dari Hybrid Electric Vehicle, Plug-in Hybrid Electric Vehicle, sampai full electric atau EV powertrain dan Kia akan menjual mobil ini mulai 2022 mendatang.



Simak Video "KIA Grand Carnival Dipastikan Meluncur di Indonesia, Segini Harganya"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/lua)