Mengulik Fitur TSS di All New Avanza yang Biasa Ada di Mobil Miliaran

Ari Purnomo - detikOto
Kamis, 25 Nov 2021 15:42 WIB
Toyota All New Veloz
All New Toyota Avanza. Foto: Dok. Toyota-Astra Motor
Solo -

Toyota kembali meluncurkan MPV andalannya yakni All New Avanza dan All New Veloz. Varian tertinggi dari setiap tipe ini mengadopsi fitur keselamatan yang bernama Toyota Safety Sense (TSS).

Training Center Dept Head Nasmoco, Budhi Pramono menjelaskan, fitur canggih ini sebelumnya hanya ada pada mobil dengan harga Rp 1 miliaran.

Tetapi, berhubung banyak permintaan dari masyarakat Indonesia agar fitur ini dibenamkan di mobil harga Rp 200 jutaan, akhirnya Toyota mengaplikasikannya di All New Avanza dan All New Veloz.

"Fitur ini dulu ada di kelas harga Rp 1 miliar ke atas. Tapi memang permintaan masyarakat Indonesia agar fitur ini dipakai di mobil Rp 200 jutaan maka digunakannya di all new Avanza dan All New Veloz," ujar Budhi melalui rilis yang diterima detikcom, Kamis (25/11/2021).

Budhi menambahkan, fitur TSS mempunyai berbagai ragamnya seperti posisi mobil saat berjalan, blind spot monitor hingga pengereman.

"Fitur safety ini seperti radar yang mendeteksi kondisi mobil saat berjalan. Seperti ketika mobil atau kendaraan di depan melakukan pengereman mendadak atau tidak bisa mengantisipasi dengan cepat atau tidak sesuai," urainya.

"Radar akan menangkap sinyal dan menginformasikan kepada pengemudi agar melakukan pengereman secara lebih cepat. Atau kalau perlu mobil akan mengambil alih pengereman untuk melakukan pengereman cepat yang mengamankan," tuturnya.

Menurut Budhi, selama ini kecelakaan karena pengereman mendadak menjadi salah faktor kecelakaan yang sering terjadi di Indonesia.

Selain itu, fitur TSS ini juga bisa mengubah posisi mobil ketika terdeteksi keluar dari jalur aman atau seharusnya.

"Di jalan tol, mobil keluar dari jalur radar akan memberikan reminder sehingga membuat mobil ke jalur yang seharusnya," ucapnya.

Fitur lainnya yakni blind spot monitor yang ada di spion mobil. Dengan fitur ini, pengemudi bisa mendeteksi adanya kendaraan lain yang masuk dalam area blind spot.

"Fitur ini ada sensor tambahan blind spot monitor, bunyi mengingatkan mobil di depan sudah berjalan ini memberikan sinyal kepada kita untuk segera berjalan. Fitur ini bukan untuk mengambil alih posisi pengemudi, tetapi untuk menjadi pengemudi yang lebih aman dan canggih lagi," ungkapnya.



Simak Video "Toyota Dipesan Lebih dari 3.800 di GIIAS 2021, Model Mana Paling Laris?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/riar)