Adu Fitur Hyundai Creta vs Honda HR-V, Siapa yang Menang?

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 03 Nov 2021 06:07 WIB
Foto siluet Hyundai Creta
Hyundai Creta bakal segera meluncur di Indonesia Foto: Dok. Hyundai Motors Indonesia (HMID)
Jakarta -

Hyundai Creta bakal bertarung di segmen SUV Compact yang diisi oleh Honda HR-V. Kalau diadu fiturnya, kira-kira lebih unggul yang mana?

Honda HR-V selalu masuk dalam jejeran mobil terlaris di Indonesia. Honda memiliki beberapa varian, khususnya untuk mesin 1.500 cc.

Nah, varian tertinggi dari model ini ialah HR-V 1.5L E Special Edition. Sedangkan Hyundai Creta belum merilis model yang bakal diluncurkan, tapi ada beberapa fitur yang diunggulkan.

Pertama, Hyundai Creta disebut memiliki Panoramic Sunroof, fitur ini memberikan penumpang pandangan luas saat menoleh ke atas.

Hyundai Creta dikabarkan bakal diproduksi di Indonesia. Pabrik baru Hyundai di Cikarang juga disebut bakal memproduksi Creta untuk diekspor ke luar negeri.Hyundai Creta Foto: Dok. Hyundai

Honda HR-V sebenarnya juga sudah dibekali panoramic sunroof tetapi tersedia pada tipe HR-V 1.8L Prestige. Sedangkan untuk varian di bawahnya belum tersedia fitur yang sama.

Bicara fitur keselamatan Honda HR-V tipe E Special Edition sudah dilengkapi dengan seatbelt reminder, Emergency Stop Signal, ISOFIX, dual SRS Airbag, auto door lock by speed, multi view camera parking, alarm, smart entry system, cruise control.

Selain itu HR-V tipe E Special Edition sudah dilengkapi dengan Hill Start Assist, Vehicle Stability, Electric Parking Brake + Auto Brake Hold, dan Hill Start Assist.

Bila melirik situs resmi global Hyundai Creta sudah dibekali beberapa fitur yang ada di Honda HR-V. Disebutkan juga mobil yang bakal dirakit di Indonesia ini punya fitur Hyundai Bluelink, yaitu teknologi konektivitas yang memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan Creta miliknya melalui smartphone mereka.

Teknologi ini juga diklaim akan memberikan rasa keamanan dan kenyamanan, karena dengan Hyundai Bluelink, pelanggan memperoleh akses ke berbagai fitur canggih lainnya, seperti: Stolen Vehicle Tracking & Stolen Vehicle Immobilization, yaitu fitur yang akan beroperasi pada saat terjadinya percobaan pencurian kendaraan dengan cara mengirimkan notifikasi ke smartphone pelanggan dan menghentikan mobilisasi kendaraan secara total pada saat pelanggan menghubungi Call Center.

Test Drive Honda HR-V model 2018 di Jakarta, Rabu (29/8/2018)Honda HR-V Foto: Dina Rayanti

Selain itu, ada pula Valet Parking Mode, yaitu sebuah fitur yang akan mengunci atau menutup akses terhadap semua pengoperasian sistem infotainment pada saat mobil sedang mendapatkan layanan parkir valet.

Perbandingan saat masuk ke dalam kabin, HR-V head unit 8 inch Floating Capacitive Touchscreen Display Audio yang kompatibel dengan AM/FM Radio, Aux-in Port, USB port, Bluetooth dan Miracast/Mirroring untuk Android.

Sedangkan Hyundai Creta terdapat 8 inch touchpula fitur Audio System BOSE Premium, serta fitur canggih dari dashboard pengemudi, yakni 10,25" TFT LCD Cluster.

Menyoal harga saat ini ini HR-V tipe 1.5L E CVT Special Edition dijual Rp 344,6 juta. Sedangkan harga dari Hyundai Creta belum terungkap, namun berdasarkan bocoran dari pramuniaga Hyundai. Mobil SUV Compact ini juga memiliki bandrol di kisaran Rp 300 jutaan.

Menarik bagaimana fitur-fitur selengkapnya yang bakal dibawa Hyundai Creta untuk melawan HR-V. Informasi selanjutnya bakal tersibak pada gelaran GIIAS 2021. Pantau perkembangannya di detikOto ya!



Simak Video "Pertarungan Panas All New Honda HR-V vs Hyundai Creta! Ini Harganya"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)