Hyundai Creta Penantang HR-V Sudah Bisa Dipesan, Intip Bocoran Harganya

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 02 Nov 2021 08:41 WIB
Hyundai Creta
Hyundai Creta Foto: Hyundai
Jakarta -

Hyundai Creta bakal segera meluncur di pasar Indonesia. SUV Compact ini dirilis dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show 2021.

Belum ada informasi resmi terkait harga mobil produksi pertama Hyundai di Indonesia ini. Namun beberapa tenaga penjual sudah gencar melakukan promosi.

"Hyundai Creta sudah bisa dibooking, pesan sekarang, pengirimannya Januari-Februari 2022," kata tenaga penjual Hyundai saat dihubungi detikcom, Senin (2/11/2021).

Di Indonesia, Hyundai Creta bersiap untuk menantang SUV 5-seater Kia Seltos, Mazda CX-3 dan Honda HR-V. Sementara untuk harganya sendiri disebut berada pada level Rp 300 jutaan.

"Harga dari Hyundai Creta mirip-mirip dengan Honda HR-V, estimasi berada di Rp 300 jutaan," kata sumber Hyundai yang lain.

Belum ada informasi terkait mesin yang digunakan pada Hyundai Creta. Ada tiga opsi mesin yang pada mobil yang sudah dijual di India ini.

Pada mesin bensin, Hyundai Creta dibekali jantung mesin berkapasitas 1.497 cc yang bisa memuntahkan tenaga 84,4 kW (115 PS) di 6.300 rpm. Sedangkan torsi maksimalnya 143,8 Nm di 4.500 rpm. Tenaga tersebut dikawinkan dengan pilihan transmisi manual dan otomatis intelligent variable transmition (IVT).

Hyundai Creta juga dijejali mesin diesel 1.493 cc Common Rail Direct Injection yang bisa memuntahkan tenaga 115 PS di 4.000 rpm dan torsi 25,5 Nm pada putaran 1.500 - 2.750 rpm. Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi manual 6-percepatan dan otomatis 6-percepatan.

Oiya, Hyundai Creta juga memiliki mesin 1.353 cc turbo yang mengeluarkan tenaga lebih besar, yakni 140 PS di 6.000 rpm. Sementara torsinya 24,7 Nm di 1.500 - 3.200 rpm. Performa tersebut dikawinkan dengan sistem transmisi DCT 7-percepatan.

Hyundai Motor Indonesia sudah mengungkap beberapa fitur unggulan dari Creta. Di antaranya Panoramic Sunroof. fitur sound system BOSE Prexmium Audio System, serta fitur canggih dari 10,25" TFT LCD Cluster, tampilan digital yang memberikan informasi lengkap bagi pengemudi.

Tak hanya itu, ada pula fitur Hyundai Bluelink, yaitu teknologi konektivitas yang memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan Creta miliknya melalui smartphone mereka.

Teknologi ini juga diklaim akan memberikan rasa keamanan dan kenyamanan, karena dengan Hyundai Bluelink, pelanggan memperoleh akses ke berbagai fitur canggih lainnya, seperti: Stolen Vehicle Tracking & Stolen Vehicle Immobilization, yaitu fitur yang akan beroperasi pada saat terjadinya percobaan pencurian kendaraan dengan cara mengirimkan notifikasi ke smartphone pelanggan dan menghentikan mobilisasi kendaraan secara total pada saat pelanggan menghubungi Call Center.

Selain itu, ada pula Valet Parking Mode, yaitu sebuah fitur yang akan mengunci atau menutup akses terhadap semua pengoperasian sistem infotainment pada saat mobil sedang mendapatkan layanan parkir valet.

Sebagai informasi, Hyundai Motors Indonesia hadir di GIIAS 2021, ICE BSD City dari tanggal 11 hingga 21 November mendatang. Di kegiatan pameran tersebut, Hyundai akan mendirikan booth terbesar di atas area seluas 2.479 meter persegi di Hall 5-6.

Lihat juga video 'Hyundai Pamer Mobil Listrik Ioniq 5 di Jakarta, Kapan Dijualnya?':

[Gambas:Video 20detik]



(riar/din)