Hyundai Creta Bakal Diproduksi dan Dijual di Indonesia, Rush-Terios Terancam

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Jumat, 22 Okt 2021 07:07 WIB
Hyundai Creta
Sketsa Hyundai Creta yang akan diproduksi di Indonesia Foto: dok. Hyundai Motors Indonesia
Jakarta -

Pada Desember 2020 lalu, sempat beredar gosip Hyundai Indonesia akan memproduksi Creta di pabrik Hyundai di Cikarang. Ternyata hal tersebut bukanlah kabar burung semata, karena pada Kamis (21/10/21) ini, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) lewat rilis resminya memberikan kabar bahwa Hyunda Creta akan diproduksi secara lokal di Indonesia.

SungJong Ha, President Director PT Hyundai Motors Indonesia mengatakan bahwa Hyundai Creta didesain dengan pendekatan yang berorientasi kepada pelanggan alias customercentric.

"Komitmen Hyundai sebagai game-changer di industri otomotif menjadi motivasi kami dalam memberikan produk dan layanan unggulan kepada pelanggan Indonesia. Hyundai CRETA merupakan produk dengan ciri khas Hyundai yang penuh inovasi serta didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan serta gaya hidup modern masyarakat Indonesia," papar SungJong Ha.

"Untuk itu, kami berharap Hyundai CRETA yang akan kami luncurkan di masa mendatang ini dapat menjadi kebanggan bagi Hyundai, khususnya pelanggan tercinta kami di Tanah Air," lanjutnya.

Tak hanya memberi kabar tentang Hyundai Creta yang akan diproduksi di Indonesia, Hyundai juga menunjukkan sketsa desain eksterior dan juga interiornya.

Dari sketsanya, Creta terlihat membawa bahasa desain terbaru Hyundai dengan sentuhan Parametric Jewel Grille di bagian depannya. Selain itu, model lampu utama dan lampu belakangnya pun tampak dinamis dan futuristis.

Hyundai CretaHyundai Creta Foto: dok. Hyundai Motors Indonesia

Tampak luar dari sketsa Creta yang ditunjukkan oleh HMID ini, terlihat tak jauh beda dengan Creta yang saat ini sudah mengaspal di pasar Global. Bedanya, tarikan garis serta beberapa sentuhan di Creta yang akan diproduksi di Indonesia ini, tampak lebih modern dan sporty.

Untuk urusan interior, dari sketsa yang detikOto terima, terlihat Creta belum menggunakan teknologi shift by wire andalan Hyundai. Tak seperti Santa Fe ataupun Kona Electric, Creta terlihat masih menggunakan shifter model konvensional.

Tentunya kehadiran mobil terbaru dari Hyundai ini, akan membuat pasar persaingan mobil SUV di Indonesia kian panas. Creta praktis akan langsung menantang Rush-Terios Cs.

[Halaman berikutnya: Bocoran spesifikasi dan harga Hyundai Creta]