Bocoran Spesifikasi dan Harga Hyundai Creta, Calon Penjegal Rush-Terios

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 17 Agu 2021 07:17 WIB
Hyundai Creta
Hyundai Creta Foto: Hyundai
Jakarta -

Hyundai Indonesia disinyalir tengah menyiapkan calon mobil SUV baru yang banderolannya mepet-mepet dengan Toyota Rush, Daihatsu Rush, bahkan Honda HR-V 1.5. Seperti apa spesifikasinya?

Mobil Hyundai yang kedapatan sedang uji jalan di Tanah Air ialah Creta. SUV berkapasitas 5-penumpang yang sudah dijual di India.

Hal ini terlihat dari potongan video pengguna pasangmata.com menunjukkan mobil bergaya SUV dengan selubung kamuflase tengah uji jalan di Tol Purbaleunyi arah Bandung - Jakarta. Mobil tersebut disinyalir Hyundai Creta.

Kenapa Hyundai Creta? Kendati mobil tersebut sudah tertutup dengan selubung, ada beberapa poin yang menyiratkan bahwa mobil tersebut merupakan SUV compact yang jadi penantang Honda HR-V.

Hyundai CretaMobil yang diduga Hyundai Creta kedapatan tengah uji jalan di Indonesia Foto: Pasangmata.com

Pertama dari bagian velg-nya, menggunakan warna two tone yang bebrbentuk seperti huruf Y. Desain tersebut mirip dengan yang digunakan pada Hyundai Creta di India.

Berlanjut ke area depan, meski ditutupi selubung, masih terlihat DRL LED yang terpisah dari lampu utama. Model lampu seperti ini menyerupai Hyundai Kona, sama dengan Creta generasi kedua yang dijual di India pada 2020 lalu.

Secara spesifikasi Hyundai Creta tersedia dua pilihan mesin, yakni bensin dan diesel. Kedua mesin tersebut memiliki performa yang berbeda-beda, namun melirik kapasitas mesinnya bisa berhadapan dengan Daihatsu Terios, Toyota Rush, hingga Honda HR-V 1.5.

Pada mesin bensin, Hyundai Creta dibekali jantung mesin berkapasitas 1.497 cc yang bisa memuntahkan tenaga 84,4 kW (115 PS) di 6.300 rpm. Sedangkan torsi maksimalnya 143,8 Nm di 4.500 rpm. Tenaga tersebut dikawinkan dengan pilihan transmisi manual dan otomatis intelligent variable transmition (IVT).

Hyundai Creta juga dijejali mesin diesel 1.493 cc Common Rail Direct Injection yang bisa memuntahkan tenaga 115 PS di 4.000 rpm dan torsi 25,5 Nm pada putaran 1.500 - 2.750 rpm. Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi manual 6-percepatan dan otomatis 6-percepatan.

Oiya, Hyundai Creta juga memiliki mesin 1.353 cc turbo yang mengeluarkan tenaga lebih besar, yakni 140 PS di 6.000 rpm. Sementara torsinya 24,7 Nm di 1.500 - 3.200 rpm. Performa tersebut dikawinkan dengan sistem transmisi DCT 7-percepatan.

Dari segi dimensi, Hyundai Creta lebih compact dari Terrios-Rush, dan Honda HR-V. Mobil berkapasitas 5-penumpang itu memiliki panjang 4.300 mm, lebar 1.790 mm, tinggi 1635 mm, dan wheelbase 2.610 mm.

Untuk HR-V memiliki dimensi yang mirip-mirip dengan Creta, hanya saja HR-V punya ukuran lebih panjang. Di atas kertas, HR-V memiliki panjang 4.294 mm, lebar 1.772 mm, tinggi 1.580 mm, dan wheelbase 2.610 mm.

Hyundai Creta dikabarkan bakal diproduksi di Indonesia. Pabrik baru Hyundai di Cikarang juga disebut bakal memproduksi Creta untuk diekspor ke luar negeri.Hyundai Creta Foto: Dok. Hyundai

Sedangkan Toyota Rush memiliki ukuran panjang 4.435 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.705 mm, serta wheelbase atau jarak poros roda 2.685 mm.

Untuk bsistem keselamatan, Hyundai Creta terbilang lengkap untuk varian tertinggi, di antaranya: Vehicle Stability Management, Electronic Stability Control, Hill Assist Control, Driver rear view monitor, Rear Parking Camera with Dynamic Guidelines, Rear Parking Sensor, Electro Chromic Mirror, Speed Alert System, Lane Change Indicator, Lane Change Indicator Flash Adjusment, Emergency Stop Signal, dan Airbags.

Bicara soal harga, Hyundai Creta mulai dijual dari 10,15 lakh atau sekitar Rp 196 jutaan (ex showroom alias belum termasuk pajak), dan tipe tertingginya 17,78 lakh sekitar Rp 344 jutaan. Kalau dijual dengan harga segini, kira-kira cocok untuk pasar Indonesia?

Apalagi Hyundai Creta juga sudah terdaftar dalam Pangkalan Data Kekayaan Intelektual Kemenkumam Republik Indonesia. Nama tersebut dimiliki Hyundai Motor Company yang sudah teregistrasi sejak 2015 lalu.



Simak Video "Mengintip Tampang Hyundai Creta yang Tertangkap Kamera Lagi Uji Coba"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)