Sinyal Kehadiran Hyundai Creta di Indonesia, Penantang Honda HR-V

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 16 Agu 2021 15:23 WIB
Hyundai Creta
Hyundai Creta Foto: Pasangmata.com
Jakarta -

Sebuah potongan video dari pasangmata.com menunjukan mobil bergaya SUV dengan selubung kamuflase tengah uji jalan di Tol Purbaleunyi arah Bandung - Jakarta. Mobil tersebut disinyalir Hyundai Creta.

Dari video berdurasi singkat yang dibagikan. terlihat mobil tersebut mirip dengan Hyundai Creta yang sudah dipasarkan di India. Kendati mobil tersebut sudah tertutup dengan selubung, ada beberapa poin yang menyiratkan bahwa mobil tersebut merupakan SUV compact yang jadi penantang Honda HR-V.

Pertama dari bagian velg-nya, menggunakan warna two tone dengan palang berbentuk seperti huruf Y. Desain tersebut mirip dengan yang digunakan pada Hyundai Creta di India.

Berlanjut ke area depan, meski ditutupi selubung, masih terlihat DRL LED yang terpisah dari lampu utama. Model lampu seperti ini menyerupai dengan yang digunakan pada Hyundai Kona.

Hyundai CretaHyundai Creta Foto: Pasangmata.com

Kemudian mobil tersebut terlihat hanya bisa memiliki kursi hingga baris kedua. Sesuai dengan tren SUV kompak yang hanya bisa diisi oleh 5-penumpang.

Hyundai CretaHyundai Creta Foto: Hyundai

Nampaknya Creta bisa menggantikan Kona bensin yang sudah tak lagi dipasarkan di Indonesia untuk bertarung di pasar mobil SUV compact di Indonesia.

Apalagi Hyundai Creta di India tersaji mesin empat silinder 1.500 cc, dan 1.500 cc diesel. Dengan bekal spesifikasi tersebut bisa melawah Honda HR-V di Indonesia.

Sinyal kehadiran Hyundai Creta juga semakin jelas, sebab nama tersebut sudah terdaftar dalam Pangkalan Data Kekayaan Intelektual Kemenkumam Republik Indonesia. Hyundai Motor Company sudah meregistrasi sejak 2015 lalu.

Hyundai Creta bakal dibuat di Indonesia?

Beberapa waktu lalu tersiar kabar bahwa PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) berencana memproduksi crossover compact Hyundai Creta untuk pasar domestik dan ekspor. Kabar burung itu kali pertama diembuskan oleh media Filipina, Autoindustriya.

"Menurut sumber kami, Creta yang menuju Filipina akan dibangun di pabrik baru Hyundai di Indonesia. Ya, Creta akan menjadi model keempat Hyundai buatan Indonesia," tulis Autoindustriya. Benarkah informasi tersebut?

Chief Operating Officer (COO) PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Makmur, belum bisa memastikan kebenaran kabar tersebut. Namun ia memberi sinyal bahwa Hyundai Creta memang akan dibuat di Indonesia.

"Belum tahu (Hyundai Creta) itu masuk atau nggak, nanti tunggu tanggal beritanya lah. Itu kan (model) yang dari India yah kalau nggak salah," kata Makmur, di sela-sela acara media test drive Hyundai Palisade Jakarta-Bogor, Rabu (27/1/2021).

Sebagai informasi, Hyundai Creta merupakan crossover compact yang sudah dijual di beberapa negara. Nama lain dari crossover adalah Hyundai ix25. Saat ini, Hyundai Creta diproduksi di China, India, Rusia, Brazil dan Algeria.

Hyundai sendiri saat ini sedang menyiapkan pabrik perakitan mobil di Indonesia, tepatnya di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Tak cuma produksi mobil listrik, Hyundai juga bakal memproduksi mobil bermesin konvensional untuk menyuplai kebutuhan global.



Simak Video "Mengintip Tampang Hyundai Creta yang Tertangkap Kamera Lagi Uji Coba"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)