Bocoran Spesifikasi Hyundai Custo, Calon Penjegal Toyota Innova

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 10 Agu 2021 08:47 WIB
Hyundai Custo
Hyundai Custo akan jadi penantang Toyota Innova kalau masuk Indonesia? (Hyundai Beijing)
Jakarta -

Hyundai Custo produk terbaru yang berkompetisi di kelas medium MPV. Lalu modal apa saja yang di bawa Hyundai Custo untuk menggoda pecinta otomotif? Kalau masuk Indonesia bisakah jadi penantang Toyota Innova?

Belum ada informasi apakah Hyundai Custo bakal meramaikan jagat otomotif di Tanah Air. Seperti diketahui di kelas MPV medium Indonesia saat ini sudah dipasarkan Toyota Innova dan Wuling Cortez.

Sebagai penantang baru, Hyundai Custo yang disinyalir bakal melantai di Chengdu Auto Show, China pada 27 Agustus 2021 nanti harus memiliki keunggulan dari kompetitiornya. Seperti diketahui Toyota Innova sudah lama dikenal masyarakat Indonesia serta jaringan dealer yang mumpuni, sedangkan Wuling Cortez punya banderolan yang cukup kompetitif.

Apa saja bocoran informasi dari Hyundai Custo?

Desain Hyundai Custo

Pertama bicara desain. Foto-foto dari Hyundai Custo sudah menyebar di platform media sosial Weibo. Penampakannya disebar langsung oleh Hyundai Beijing.

Dari segi eksterior mobil ini memiliki desain perpaduan antara SUV dan MPV. Grille depannya identik dengan Hyundai Alcazar dan Tucson. Lampu depannya sudah dilengkapi proyektor LED, serta day time running light (DRL) yang sama-samar seperti hiasan chrome.

Hyundai CustoHyundai Custo Foto: Hyundai Beijing

Pindah ke bagian samping, MPV ini punya lekukan yang dinamis. Tampilan makin premium berkat penggunaan velg dual-tone,

Uniknya di segmen medium MPV, Hyundai Custo menggunakan pintu geser di baris kedua. Tentu saja hal ini menawarkan kemudahan akses keluar-masuk penumpang.

Pada bagian belakang mobil juga nampak kekar, serta penggunaan lampu belakang LED dihubungkan oleh bilah lampu LED yang memanjang.

Hyundai CustoHyundai Custo Foto: Hyundai Beijing

Sementara pada bagian interiornya, Hyundai Custo menawarkan kesan mewah dan futuristik. Ini terlihat dari lekukan dashboard serta layar instrumen digital yang terletak pada bagian tengah.

Oiya pada bagian baris kedua juga sudah tersemat kursi captain seat. Secara keseluruhan interior dari Hyundai Custo ditawarkan dengan kelir gelap.

Kesan mewah makin terpancar lantaran Hyundai Custo dibekali beberapa fitur premium, di antaranya layar hiburan berukuran 10,4 inci, sunroof, ambient light, kursi berventilasi dengan fitur pijat, dan kontrol iklim dua zona. MPV akan tersedia dalam konfigurasi enam, tujuh dan delapan kursi.

Hyundai CustoHyundai Custo Foto: Hyundai Beijing

Dimensi Hyundai Custo

Sebelumnya, dokumen MPV ini sudah bocor di internet dari Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi (MIIT) China saat proses homologasi.

Secara dimensi Hyundai Custo memiliki panjang 4.950 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.730 mm. Sedangkan jarak sumbu rodanya 3.006 mm. Menariknya, Custo tidak sebesar Kia Carnival generasi baru atau bahkan Hyundai Staria.

Hyundai CustoHyundai Custo Foto: Hyundai Beijing

Jika melirik produk MPV di Indonesia, dimensi itu mendekati Toyota Innova yang memiliki ukuran panjang 4.735 mm, lebar 1.830 mm, dan tinggi 1.795 mm. Toyota Innova ternyata lebih tinggi dari Hyundai Custo ya!

Pilihan Mesin Hyundai Custo

Urusan jantung pacu belum ada informasi resmi Hyundai Custo bakal menggunakan mesin seperti apa. Namun berdasarkan bocorannya, mobil ini tersedia dalam dua opsi.

Dalam waktu dekat mobil ini bakal dipersenjatai mesin turbo 1.5 liter T-GDI yang sanggup memuntahkan tenaga 170 hp. Tenaga tersebut disalurkan melalui gearbox kopling ganda 7-percepatan.

Sementara opsi dapur pacu lain yang jadi pertimbangan ialah mesin 2.0 liter T-GDI turbo bensin yang menghasilkan 236 hp dengan gearbox otomatis 8-percepatan.

Jika dibandingkan dengan Innova, mobil legendaris Indonesia ini hadir dengan mesin berkode 1TR-FE empat silinder segaris 16 katup DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.998 cc. Tenaga maksimal mesin bensin itu mencapai 139 PS pada 5.600 rpm dengan torsi maksimal 183,3 Nm pada 4.000 rpm. Innova bensin ditawarkan dengan pilihan transmisi otomatis 6 percepatan dengan Sport Sequential Swithcmatic, atau transmisi manual 5 percepatan.

Selain itu, Toyota Innova diesel dilengkapi dengan mesin berkode 2GD FTV dengan empat silinder segaris 16 katup DOHC dengan VNT Intercooler. Mesin diesel Innova berkapasitas 2.393 cc. Tenaga maksimalnya mencapai 149 PS pada 3.400 rpm dengan torsi maksimal 342,2 Nm yang tersedia pada rentang 1.200-2.800 rpm. Seperti Innova bensin, Innova diesel hadir dengan pilihan transmisi otomatis 6 percepatan dengan Sport Sequential Swithcmatic, atau transmisi manual 5 percepatan.

Menarik untuk ditunggu, apakah Hyundai juga bakal merilis mobil ini untuk pasar Indonesia?



Simak Video "Cocok Buat Tantang Innova, Akankah Hyundai Custo Hadir di Indonesia?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)