Ferrari SF90 Spider Meluncur di Indonesia, Supercar Convertible Terganas dari Ferrari

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Jumat, 08 Okt 2021 14:55 WIB
Ferrari SF90 Spider
Wujud Ferrari SF90 Spider yang baru rilis di Indonesia Foto: Muhammad Hafizh Gemilang
Jakarta -

Ferrari Indonesia merilis SF90 Spider di The Langham Jakarta pada Jumat (8/10/21). Supercar yang masih satu basis dari SF90 Stradale ini, hadir dengan atap convertible khas 'Spider' dan mesin paling bertenaga yang pernah Ferrari buat hingga saat ini.

Di pasar global, Ferrari sebetulnya sudah merilis SF90 Spider ini sejak November 2020 dan di pasar Malaysia sejak Juni 2021. Namun Indonesia baru kebagian SF90 Spider di awal Oktober ini.

Ferrari SF90 SpiderFerrari SF90 Spider Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Kehadiran SF90 Spider ini kian melengkapi lini Ferrari Indonesia. Sebelumnya, Ferrari Indonesia sudah mendatangkan SF90 Stradale, Roma, hingga Portofino M.

Untuk urusan desain, jelas tidak ada bedanya antara SF90 Stradale dan Spider. Perbedaannya hanya pada atap keras yang dapat dibuka alias convertible, Namun sisanya, lini SF90 ini memang hampir serupa secara tampilan.

Mobil ini hadir dengan basis yang sama dengan SF90 Stadale yang pernah Ferrari Indonesia rilis di Maret 2021. Mesinnya pun sama, yaitu mesin V8 dengan twin turbo yang bisa menggelontorkan tenaga sebesar 720 HP hybrid.

Hybrid yang diberikan Ferrari di SF90 Spider adalah dengan mengawinkan mesin berbahan bakar bensin ini dengan tiga motor listrik yang punya tenaga total hingga 220 HP. Membuat mobil ini, di atas kertas bisa mengeluarkan tenaga hingga 1000 HP.

Ferrari mengklaim, mobil ini dapat berlari dari 0 hingga 100 km per jam dalam hitungan 2,5 detik saja. Itu didapatkan berkat penyaluran tenaganya yang buas, melalui gearbox 8-percepatan ke seluruh rodanya.
Meskipun hybrid yang diberikan Ferrari ke SF90 ini lebih ke arah performa, namun Ferrari memberikan mode untuk melajukan SF90 Spider ini hanya dengan motor listriknya.

Dalam keadaan baterai full, SF90 Spider yang punya kapasitas baterai 7,9 kWh ini dapat melaju sejauh 25 km dengan motor listriknya. Pas untuk keluar komplek perumahan atau sekadar jalan dari rumah ke kantor.

Untuk urusan harga, seperti biasa Ferrari Indonesia enggan membeberkannya, dengan alasan tiap unit Ferrari bisa berbeda dan sangat bisa dikustomisasi sesuka hati pembeli.

Namun, dilansir dari beberapa media luar negeri, Ferrari SF90 Spider ini dibanderol dengan harga sekitar 5.558 USD dalam versi yang basic atau sekitar Rp 7,8 miliar.

Mungkin, jika dijual di Indonesia dengan beberapa instrumen pajak yang harus dibayarkan, bisa jadi dalam versi basic Ferrari SF90 Spider ini dibanderol Rp 16 hingga 17 miliar. Ferrari SF90 Spider tentunya sudah bisa dipesan melalui Ferrari Indonesia.



Simak Video "Kisah Hidup WNI di Kanada, Jadi Sopir Truk Bergaji Rp 30 Juta Per Minggu"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/din)