Supercar Hybrid Ferrari SF90 Stradale Mendarat di RI, Tenaganya Buas!

M Luthfi Andika - detikOto
Senin, 15 Mar 2021 08:05 WIB
Penampakan Ferrari SF 90 Stradale
Ferrari SF 90 Stradale. Foto: Grandyos Zafna.
Jakarta -

PT Eurokars Prima Utama resmi menjadi Agen Pemegang Merek (APM) Ferrari di Indonesia. Membuka tahun 2021 di Indonesia, Ferrari langsung memperkenalkan model Plug-in hybrid pertama mereka yakni Ferrari SF90 dan dipastikan penggila Ferrari di Indonesia sudah bisa pesan.

Menyandang sebagai mobil ramah lingkungan pertama Ferarri, bukan berarti mobil yang dikembangkan di Maranello, Italia, ini tidak galak di atas aspal. Dikatakan Ferrari SF90 Stradale plug-in hybrid memiliki mesin turbo 90 derajat V8 yang mampu menghasilkan tenaga hingga 780 daya kuda, output daya tertinggi dari semua mesin 8 silinder dalam sejarah Ferrari.

"Baik bodi hingga pelek dibuat dari karbon, dan saat menggunakan tenaga listrik bisa mencapai 25 km," ujar General Manager PT Eurokars Prima Utama, Nini Chiandra.

Sisa 220 daya kuda disalurkan oleh tiga buah motor listrik, satu di bagian belakang yang dikenal sebagai MGUK (Motor Generator Unit, Kinetic) sebuah teknologi dari Formula 1, yang terletak di antara mesin dan "8-speed dual-clutch transmission" baru di as roda belakang. Ditambah dua motor listrik di as roda depan. Namun, sistem canggih ini tidak membuat pengalaman berkendara menjadi rumit. Justru sebaliknya, pengemudi hanya perlu memilih salah satu dari empat "power unit modes", dan hanya perlu konsentrasi mengemudi. Sistem Kontrol yang canggih menangani ini dengan mengatur aliran daya antara mesin V8, motor listrik, dan baterai.

Ferrari SF90 Stradale juga merupakan mobil sport pertama Ferrari yang dilengkapi dengan penggerak 4WD, sebuah langkah yang diperlukan untuk memungkinkan tenaga besar yang dikeluarkan oleh "Hybrid Powertain" dapat dieksploitasi sepenuhnya. Performanya pun cukup buas, akselerasi 0-100 km/jam bisa dituntaskan hanya dalam 2,5 detik dan 0-200 km/jam cuma 6,7 detik.

Nah Kelebihan apa saja yang ditawarkan Ferrari SF90 Stradale, simak ulasannya lengkapnya berikut ini:

Paduan mesin V8 dan 3 motor listrik

Dikatakan berkat tenaga sebesar 780 daya kuda ditambah mesin V8 turbo yang diusung SF90 Stradale menjadikan mobil sport ini memiliki performa terbaik. Pada dasarnya SF90 Stradale ini masuk dalam ketegori mesin "F154 family" yang menghasilkan torsi 800 Nm pada 6.000 rpm. Untuk menghasilkan hasil yang luar biasa ini, para insinyur Ferrari fokus pada beberapa area mesin yang berbeda, dimulai dengan meningkatkan kapasitasnya dari 3.902 cc menjadi 3.990 cc di mana hal ini dapat tercapai berkat lubang yang lebih besar yaitu 88 mm.

Penampakan Ferrari SF 90 StradalePenampakan Ferrari SF 90 Stradale Foto: Grandyos Zafna

Sistem "intake" dan "exhaust" sepenuhnya didesain ulang dan sekarang dilengkapi dengan kepala silinder baru yang lebih sempit dengan injector pusat dan adopsi 350-bar GDI, yang telah digunakan Ferrari V8. Untuk meningkatkan dinamika fluida internal, tidak hanya "intake valve" yang berdiameter lebih besar yang diadopsi, tetapi semua saluran yang berbaris horizontal pada ketinggian kepala mesin, rakitan pengisi daya turbo telah diturunkan sementara saluran knalpot lebih tinggi.

Sistem turbo dikatakan telah dilengkapi dengan "electronically-controlled wastegates" untuk meningkatkan pemanas katalisator dan "volute" kompresor baru untuk mengoptimalkan dinamika fluida. Perubahan mekanisme tidak hanya pada dinamika fluida: rasionalisasi tata letak telah menghasilkan pusat gravitasi yang lebih rendah, sebagian berkat diadopsinya diameter "fly wheel" yang lebih kecil, dan pengurangan berat berkat penggunaan dari "Inconel" daripada baja untuk "exhaust manifold".

Ferrari SF90 Stradale mendesain ulang transmisi "8-speed, oil-bath, dual clutch transmission". Rasio roda gigi baru dan efisiensi transmisi yang ditingkatkan menghasilkan penurunan yang signifikan dalam konsumsi bahan bakar di jalan raya dan perkotaan (-8% dalam siklus WLTP) tanpa harus mengorbankan performa. Bahkan, ada peningkatan efisiensi sebesar 1% di lintasan.

Penampakan Ferrari SF 90 StradalePenampakan Ferrari SF 90 Stradale Foto: Grandyos Zafna

Terakhir, SF90 Stradale dilengkapi dengan tiga motor listrik yang mampu menghasilkan total 220 daya kuda (162 kW). Baterai Li-ion berkinerja tinggi memberikan daya untuk ketiga motor dan menjamin jangkauan 25-kilometer dalam mode "all-electric eDrive", hanya dengan menggunakan penggerak depan.

Saat mesin konvensionalnya mati, kedua motor depan secara independen menghasilkan kecepatan maksimum 135 km/jam dengan akselerasi longitudinal ≤0.4 g. Saat mobil berjalan mundur, hanya menggunakan mode eDrive yang artinya mobil bisa bermanuver dengan kecepatan rendah tanpa memakai mesin V8. Motor depan diintegrasikan ke dalam strategi launch control untuk performa maksimum saat berakselerasi.



Simak Video "Toyota Aqua, Mobil Rp 260 Jutaan yang Tembus 35.8 Km/Liter"
[Gambas:Video 20detik]