Mengintip Fasilitas Ambulans Bikinan Suzuki, Dibangun dari APV Arena

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 17 Jul 2021 17:35 WIB
Ambulans Suzuki yang dibangun dari APV Arena
Foto: Suzuki
Jakarta -

Di tengah pandemi COVID-19 yang terus meningkat, kebutuhan mobil ambulans juga ikut naik. Sejumlah masyarakat bahkan kesulitan mendapat kendaraan ini. Untuk mengatasi masalah tersebut, kini Suzuki juga menghadirkan paket penjualan mobil ambulans.

Mobil ambulans ini dijual pada salah satu dealer Suzuki di Jakarta. Menurut salah seorang staf penjualan Suzuki yang dihubungi oleh detikOto, mobil ambulans ini bisa dipakai untuk kebutuhan pasien mulai dari terpapar COVID-19 hingga pasien umum.

"Iya mobil ambulans ini bisa dipakai untuk pasien yang terkena COVID-19 atau orang sakit biasa juga bisa," ujar staf penjualan tersebut kepada detikOto, Jumat (16/7/2021).

Namun, untuk ketersediaan mobil ambulans ini baru ada di dealer Suzuki tempatnya saja. Staf penjualan tersebut mengatakan jika mobil ini bisa dipesan oleh konsumen di Jakarta hingga luar pulau Jawa.

"Untuk pembeli di luar pulau Jawa juga bisa, namun saat ini hanya cash only saja," jelasnya.

Fasilitas Ambulans Produksi Suzuki

Layaknya mobil ambulans pada umumnya, fasilitas yang disediakan oleh ambulans dari Suzuki ini juga lengkap dan telah memenuhi standar.

Seperti hadirnya dua buah tabung oksigen model sentral ukuran 1 meter, gantungan infus stainless steel model sliding, tiga buah ekstra DC outlet, lemari peralatan medis dilapisi dengan HPL, landasan rel brankar, hingga pelindung belakang untuk landasan brankar ambulans.

Ambulans Suzuki yang dibangun dari APV ArenaAmbulans Suzuki yang dibangun dari APV Arena Foto: Suzuki

Khusus tabung oksigen sendiri terdapat komponen lain seperti 2 buah regulator oksigen tekanan tinggi, 1 set valve oksigen, 1 buah oksigen wall outlet, 1 buah flowmeter oksigen dengan humidifier, 1 buah nasal canulla oksigen dengan tabung untuk pasien dewasa dan 1 buah masker oksigen.

Ada juga sejumlah peralatan lain mulai dari brankar ambulans otomatis full cover untuk isolasi pasien terinfeksi COVID-19 dengan hepa filter, lantai dengan bahan vinyl anti bakteri serta tempat duduk bagi petugas medis atau dokter. Mobil ambulans juga dilengkapi 1 buah tabung APAR (Alat Pemadam Api Ringan) seberat 1 kilogram.

Tak lupa, ada juga lampu strobo LED warna merah yang dilengkapi dengan sirine dan mikrofon. Selain itu mobil ambulans sudah dipasangi cutting sticker COVID-19 di bagian sisi kanan dan kiri bodi mobil.

Semua perlengkapan di atas sudah termasuk dalam paket penjualan mobil ambulans yang ditawarkan oleh Suzuki.

Untuk unit yang digunakan adalah tipe APV ARENA GX. Tapi, karena diubah menjadi mobil ambulans, tentu mobil ini perlu dikustom terlebih dahulu sesuai pesanan konsumen.

Mengenai harganya, mobil ambulans dari Suzuki ini dibanderol sebesar Rp 330 juta. Tentu ada perbedaan dari harga APV ARENA GX yang dijual umum, karena pihak dealer harus melakukan kustomisasi pada kendaraannya.

Namun tak perlu khawatir, staf penjualan tersebut mengatakan jika mobil ambulans ini stok unitnya tersedia dan tak perlu menunggu sampai harus indent.

"Untuk stoknya ini ready pokoknya, jadi konsumen nggak perlu nunggu sampai indent," pungkasnya.

Mobil ambulans ini sangat cocok untuk konsumen yang ingin membantu sesama masyarakat. Terlebih, kehadiran ambulans sangat dibutuhkan sekarang ini mengingat pasien COVID-19 terus melonjak.



Simak Video "Alasan Mobil Ambulans Jalan Beriringan saat Jemput Pasien COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)