Mercedes-Benz Milik Omesh Selesai Jadi Mobil Darurat, Mulai Jemput Pasien

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 14 Jul 2021 10:54 WIB
Mercedes-Benz Vito milik Ananda Omesh yang jadi mobil darurat
Mercedes-Benz Vito Omesh yang disulap jadi mobil darurat Foto: Instagram @omeshomesh
Jakarta -

Mercedes-Benz Vito tahun 2001 milik Ananda Omesh sudah selesai dimodifikasi untuk membantu mobilitas pasien COVID-19 di Jakarta. Mobil tersebut diberi nama Padodi, yang merupakan akronim dari Harapan, Doa, dan Dedikasi.

"Assalamualaikum teman-teman terima kasih banyak untuk doa dan support-nya selama ini untuk project pembuatan mobil darurat yang diberi nama Mobil Darurat Padodi," ujar Omesh di Instagram-nya seperti dikutip detikcom, Rabu (14/7/2021)

"Artinya Harapan, Doa dan juga Dedikasi," tambah dia.

Omesh juga melakukan siaran langsung mobil daruratnya tersebut sudah selesai dan bisa langsung beroperasi melayani masyarakat yang membutuhkan.

"Bismillah, kita menjemput pasien pertama kita di Duren Sawit untuk dibawa ke rumah sakit," ujar Omesh.

Dalam video yang dibagikan, Omesh juga sempat memperlihatkan ubahan dalam mobil darurat tersebut. Mercedes-Benz Vito 114L itu sudah tak lagi memiliki jok baris kedua dan ketiga seperti mobil van. Terlihat beberapa alat penunjang sudah terpasang mulai dari masker, tabung oksigen, stretcher dan kursi roda.

Namun Omesh menegaskan bahwa mobil berkapasitas mesin 2.295 cc ini bukanlah ambulans, melainkan mobil darurat.

Mercedes-Benz Vito milik Ananda Omesh yang jadi mobil daruratMercedes-Benz Vito milik Ananda Omesh yang jadi mobil darurat Foto: Instagram @omeshomesh

"Untuk temen-temen yang membutuhkan mobil darurat ini, sekali lagi kami hanya bisa mengantarkan pasien dalam kondisi sadar, tidak dalam kondisi kritis, karena ini bukan ambulans, ini mobil darurat," kata Omesh.

"Terus juga untuk teman-teman harus sudah memiliki RS rujukan, kondisi posisinya di mana, nanti mungkin kita bisa kasih tau teman-teman untuk persyaratannya gimana dan di mana, doakan ya teman-teman, Bismillah," sambung dia.

Omesh sengaja mendokumentasikan proses pembuatan mobil darurat miliknya supaya mengajak orang lain untuk melakukan langkah yang sama. Utamanya bagi mereka bagi pemilik mobil yang unitnya sedang menganggur.

"Nah, teman teman sengaja dari awal saya membuat dokumentasi perjalanan pembuatan mobil ini, tujuannya adalah mengajak teman-teman untuk ikutan gerakan ini," ucap Omesh.

"Jadi siapa tahu teman-teman yang memiliki kendaraan niaga atau pribadi yang memang sedang tidak digunakan, mari kita sama-sama merubah mobil itu menjadi mobil darurat," tambah dia.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Mobil Darurat Padodi dan Kenangan Omesh untuk Mendiang Ayahnya"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)