Interior Mobil Buatan Miliarder Inggris: Mirip Kokpit Pesawat, Aman Disemprot Air

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 09 Jul 2021 10:37 WIB
Interior Grenadier
Interior Grenadier Foto: INEOS Automotive
Jakarta -

Grenadier, mobil besutan salah satu orang terkaya Inggris, Sir Jim Ratcliffe, mengungkap interior SUV besutannya. Bentuknya khas seperti kokpit pesawat terbang, namun aman dari semprotan air.

"Ketika mulai memikirkan interior Grenadier, kami mencermati pesawat terbang modern, kapal, dan bahkan traktor untuk mendapatkan inspirasi, di mana sakelar ditempatkan untuk fungsi optimal, kontrol reguler dalam jangkauan tangan, sedangkan kontrol tambahan berada lebih jauh," ungkap Toby Ecuyer, Head of Design, INEOS Automotive dalam keterangan resmi yang diterima detikcom, Kamis (8/7/2021).

Usut punya usut Jim Ratcliffe, pria terkaya kelima di Inggris ini menyenangi dunia otomotif. Bahkan pada 2016 lalu, dia sempat meminta agar Jaguar Land Rover untuk tetap memproduksi Defender tapi berakhir juga.

GrenadierGrenadier Foto: INEOS Automotive

Ratcliffe kemudian mendirikan INEOS Automotive untuk melahirkan Grenadier. Dia mengklaim bahwa SUV Grenadier off-road 4X4 besutannya akan mengisi kekosongan yang ditinggalkan pabrikan lain.

Nah, setelah foto eksteriornya terungkap, kini penampakan interior dari Grenadier mulai ditunjukkan pada dunia. Desainnya mirip kokpit pesawat dengan banyak tombol bahkan sampai di bagian atap.

Interior GrenadierInterior Grenadier Foto: INEOS Automotive

Rupanya ini mempertahankan jiwa Land Rover Defender yang menjadi favorit para petani dalam beberapa dekade terakhir, tak hanya bisa melakukan pekerjaan berat namun tetap maskulin diajak perkotaan. Utamanya memiliki kabin yang dapat disemprot bersih.

Grenadier tersedia penutup lubang pembuangan air di lantai karet dan pelapis kursi yang dapat dilap menjadikan bagian interior dapat dibersihkan dengan cara disemprot. Kursi Recaro yang anti noda dan tahan air. Sementara banyak sakelar kontrol terletak di langit-langit untuk mencegahnya basah.

Interior GrenadierInterior Grenadier Foto: INEOS Automotive

Opsi karpet dan pelapis kulit akan tersedia bagi yang tidak ingin memakai mobil di medan lumpur dan pasir.

Sementara sistem infotainment dapat diakses melalui layar sentuh 12,3 inci, atau dengan menggunakan tombol putar. Ini bisa terintegrasi dengan Apple CarPlay dan Android Auto.

Guna mendukung aktivitas off-road, pengguna dapat mengandalkan navigasi pathfinder off-road yang memungkinkan pengemudi untuk memprogram, mengikuti dan merekam rute melalui titik-titik pemberhentian, ketika jalan dan jalur sudah terlewati.

Ruang penyimpanan telah dimaksimalkan, dengan kotak penyimpanan kering di bawah kursi belakang, kotak kecil konsol tengah yang dapat dikunci, dan tempat penyimpanan yang terpasang dengan aman di sisi samping di area muatan belakang.

Saat ini sebanyak 130 prototipe Grenadier saat ini tengah mengejar target pengujian 1,8 juta kilometer di seluruh dunia. Tahap selanjutnya: bukit pasir Maroko. Pemesanan akan dibuka mulai Oktober 2021 dan pengiriman akan dimulai pada Juli 2022.



Simak Video "Kisah Sukses Olla, Lulusan SD Jadi 'Crazy Rich Depok'"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)