Jumat, 03 Jul 2020 18:21 WIB

Tak Dilirik Pabrikan, Crazy Rich Inggris Produksi Mobil SUV Grenadier

Ridwan Arifin - detikOto
Grenadier Grenadier Foto: INEOS Automotive
London -

Jim Ratcliffe, pria terkaya kelima di Inggris dengan total kekayaan $ 20 miliar meluncurkan SUV Grenadier yang diproduksi oleh perusahaannya Ineos Automotive.

Grenadier merupakan mobil pertama dan dirancang sejak miliarder asal Inggris ini memutuskan untuk turun ke industri manufaktur mobil.

Ratcliffe mengklaim bahwa SUV Grenadier off-road 4X4 besutannya akan mengisi kekosongan yang ditinggalkan pabrikan lain. Tapi sekilas, mobil besutannya ini mengingatkan dengan Land Rover Defender generasi lawas.

GrenadierGrenadier Foto: INEOS Automotive

Usut punya usut pada 2016 lalu, crazy rich Jim Ratcliffe ini ternyata seorang penggemar mobil dan senang bertualang. Ia bahkan sempat meminta agar Jaguar Land Rover untuk tetap memproduksi Defender tapi akhirnya tutup buku juga.

"Proyek Grenadier dimulai karena ada celah pasar yang diabaikan oleh banyak produsen, yaitu kendaraan off-road serbaguna. Kesempatan ini memberi kami cetak biru teknis untuk mobil 4x4 yang tangguh, tahan banting, dan bisa diandalkan untuk menghadapi medan paling sulit di dunia. Komponennya
juga harus dipertimbangkan," bilang Chairman INEOS, Jim Racliffe dalam keterangan yang diterima detikcom, Jumat (3/7/2020).

Sayang, spesifikasi SUV Grenadier belum terungkap lebih lanjut. INEOS baru memamerkan desain Grenadier dengan tampang yang kokoh selayaknya sebuah mobil off-road sejati. Semua platfrom dibangun dari nol.

Jim melanjutkan proyek Grenadier saat ini sedang dalam tahap pengembangan. Pengujuan prototipe sedang dalam akumulasi jarak 1,8 juta kilometer selama satu tahun ke depan. Ditargetkan pada 2021. Grenadier sudah masuk jalur produksi massal.

"Idenya sederhana. Kami merancang desain mobil 4x4 yang modern, fungsional, dan tangguh, serta berfokus pada fungsinya," kata Toby Ecuyer, Head of Design, INEOS Automotive.



Simak Video "Menerobos Hutan dan Medan Ekstrim, Purwakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com