Wow! Mobil Hidrogen Toyota Mirai Melaju 1.000 Km Sekali Full Tank

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Minggu, 06 Jun 2021 14:38 WIB
Jakarta -

Mobil hidrogen menjadi salah satu kendaraan masa depan yang ramah lingkungan. Tak butuh bahan bakar fosil, mobil hidrogen juga tidak mengeluarkan emisi. Daya tempuhnya ternyata luar biasa.

Salah satu mobil hidrogen yang sudah beredar adalah Toyota Mirai. Bahkan, mobil hidrogen Toyota ini telah berhasil memecahkan rekor baru. Toyota Mirai meraih rekor jarak terjauh yang ditempuh dengan satu tangki berisi hidrogen penuh untuk sebuah mobil produksi.

Toyota Mirai total mampu menjangkau jarak 1.003 km dari stasiun hidrogen. Mobil hidrogen itu dikendarai secara eksklusif di jalan umum di daerah selatan Paris dan di daerah Loir-et-Cher dan Indre-et-Loire.

Toyota mengatakan bahwa Mirai generasi terbaru dapat menempuh jarak sekitar 650 km dalam kondisi mengemudi normal. Tapi, 4 pengemudi membawa Toyota Mirai selama memecahkan rekor mampu menempuh jarak yang jauh lebih jauh.

Salah satu pengemudinya adalah seorang pria bernama Victorien Erussard, pendiri Energy Observer yang merupakan mitra Toyota dan sebelumnya telah membuat kapal dengan sel bahan bakar Toyota. Pengemudi lain termasuk insinyur Toyota Motor Eropa James Olden, manajer produk Mirai Maxime le Hir, dan manajer PR Toyota France Marie Gadd.

"Ini adalah tantangan luar biasa yang kami capai dengan Mirai baru. Secara internal, pola pikir Start Your Impossible, melampaui batas kami sendiri, yang mendorong kami, dan kami membuktikannya lagi hari ini," kata CEO Toyota Prancis Frank Marotte dalam sebuah pernyataan.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada tim Toyota Prancis dan Toyota Eropa, serta Victorien di Energy Observer, yang dengannya kami berbagi visi dan ambisi yang sama. Dengan kemitraan yang kuat, kita akan dapat berkontribusi pada masyarakat yang lebih baik dan lebih ramah lingkungan," katanya.

Setelah dihitung-hitung, konsumsi bahan bakar mobil hidrogen Toyota Mirai ini adalah 0,55kg/100km.

(rgr/din)