Hyundai Nexo Cetak Rekor Baru: Mobil Hidrogen yang Bisa Tempuh Jarak 900 Km

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 16 Mei 2021 10:28 WIB
Mobil bertenaga hidrogen tak hanya berbentuk sedan. Kini, Hyundai mengeluarkan mobil SUV bertenaga hidrogen. Namanya Hyundai Nexo.
Foto: Caradvice. Mobil bertenaga hidrogen Hyundai Nexo.
Jakarta -

Mobil bertenaga hidrogen tak hanya berbentuk sedan. Kini, Hyundai mengeluarkan mobil SUV bertenaga hidrogen. Namanya Hyundai Nexo. Baru-baru ini mobil hidrogen itu mencetak rekor baru, yakni menembus jarak nyaris 900 km untuk sekali pengisian.

Pengemudi reli Brendan Reeves bekerja sama dengan Tim Hyundai Australia untuk mencetak rekor dunia dengan mengendarai Hyundai Nexo tangki tunggal bertenaga hidrogen pada jarak 900 km.

Mobil hidrogen Hyundai Nexo itu telah dikendarai dari Melbourne ke Broken Hill. Nexo menyelesaikan perjalanan dalam 13 jam dan enam menit dengan kecepatan rata-rata 66,9 km/jam.

Total jarak yang ditempuh adalah 887,5 km - menurut odometer mobil - yang melampaui rekor jarak mengemudi mobil hidrogen sebelumnya yaitu 778 km, yang ditetapkan pada tahun 2019 oleh astronaut Prancis Bertrand Piccard, yang juga mengemudikan Hyundai Nexo.

Hyundai Nexo adalah satu dari dua jenis mobil hidrogen yang ikut serta dalam uji coba armada di Australia. Kendaraan semacam itu belum dijual ke publik yang lebih luas di Australia karena infrastruktur pengisian bahan bakar masih dalam tahap awal.

Hyundai sendiri memiliki armada 20 kendaraan hidrogen yang diujicobakan di Canberra sementara Toyota memiliki 20 armada kendaraan hidrogen yang diujicobakan di Melbourne.

Mobil itu diangkut kembali ke Sydney di belakang sebuah trailer karena, tidak seperti Toyota, Hyundai tidak memiliki refueller hidrogen bergerak di bagian belakang truk.

Selama percobaan rekor, Nexo dikendarai oleh pebalap reli profesional Brendan Reeves, dimulai dari Essendon Fields di pinggiran Melbourne.

Setelah 807 km 'mengemudi yang berfokus pada efisiensi', Nexo tiba di Broken Hill dengan banyak jangkauan yang masih ditampilkan di komputer perjalanan kendaraan.

Penyelenggara kemudian memutuskan untuk melanjutkan perjalanan ke Silverton - yang paling dikenal sebagai setting untuk film aksi 1980-an Mad Max 2.

Hyundai Nexo terus melewati Silverton sejauh 60 km lagi sampai tangki hidrogennya habis di jalan Wilangee dekat Stasiun Eldee.

Namun, mobil hidrogen jarak jauh tersebut belum diakui oleh Guinness World Records dan, pada tahap ini, datanya disimpan oleh Hyundai.

Menariknya, jarak yang diukur dengan unit GPS terpisah pada Hyundai Nexo menunjukkan jarak tempuh 903,4km, dan Google Maps menunjukkan jarak 905km.

Tidak seperti mobil listrik, kendaraan hidrogen membutuhkan waktu antara tiga hingga lima menit untuk mengisi bahan bakar dari kosong hingga penuh - serupa dengan waktu yang diperlukan untuk mengisi ulang mobil bensin.

Hyundai mengklaim Nexo memurnikan 449.100 liter udara dalam perjalanan - cukup untuk 33 orang dewasa untuk bernapas dalam sehari - dan pipa knalpot plastiknya hanya mengeluarkan uap air.



Simak Video "SIM C Dibagi Tiga Jenis, Agustus Mulai Berlaku!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)