Serasa Mobil BBM, Mesin Toyota Corolla Minum Bahan Bakar Hidrogen

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 03 Mei 2021 15:37 WIB
Toyota Corolla Sport Berbahan Bakar Hidrogen
Toyota Corolla Sport Berbahan Bakar Hidrogen. Foto: Dok. Toyota.
Jakarta -

Toyota telah memiliki mobil bertenaga hidrogen, yaitu Toyota Mirai. Namun, pabrikan asal Jepang itu memiliki inovasi lain, mesin pembakaran dalam atau internal combustion engine (ICE) yang biasanya dijejali BBM bensin atau diesel, diuji coba menggunakan bahan bakar hidrogen.

Toyota telah memasang mesin yang meminum hidrogen tersebut pada Toyota Corolla Sport yang akan masuk dalam Super Taikyu Series 2021 Powered by Hankook Round 3 NAPAC Fuji Super TEC 24 Hours Race pada 21-23 Mei 2021.

Mesin hidrogen ini berbeda dengan kendaraan listrik sel bahan bakar (FCEV) seperti Toyota Mirai. FCEV menggunakan sel bahan bakar di mana hidrogen bereaksi secara kimia dengan oksigen di udara untuk menghasilkan listrik yang akan menggerakkan motor listrik. Sementara mesin hidrogen yang dikembangkan pada Toyota Corolla Sport ini menghasilkan tenaga melalui pembakaran hidrogen dengan menggunakan suplai bahan bakar dan sistem injeksi yang telah dimodifikasi dari mesin bensin.

[Gambas:Youtube]




Toyota Corolla Sport ini menggendong mesin tiga silinder turbo dengan intercooler 1.618 cc dengan bahan bakar hidrogen yang dikompresi. Kecuali untuk pembakaran oli mesin dalam jumlah kecil--yang juga terjadi pada mesin bensin--mesin hidrogen tidak mengeluarkan CO2 saat dikendarai.

Toyota Corolla Sport Berbahan Bakar HidrogenToyota Corolla Sport Berbahan Bakar Hidrogen Foto: Dok. Toyota

Pembakaran pada mesin hidrogen terjadi pada laju yang lebih cepat daripada mesin bensin sehingga menghasilkan karakteristik daya tanggap yang baik. Selain memiliki kinerja lingkungan yang sangat baik, mesin hidrogen juga berpotensi menyampaikan kesenangan berkendara, termasuk melalui suara dan getaran.

Prosesnya, bahan bakar hidrogen masuk ke dalam silinder, dikompresi dan meledak. Proses tersebut mirip dengan mesin BBM, tapi ledakannya tidak menghasilkan CO2. Toyota mengatakan bahwa ini adalah salah satu teknologi yang diteliti dengan tujuan mencapai netralitas karbon. Melalui olahraga motor, perusahaan berharap dapat menciptakan masyarakat berbasis hidrogen.

Toyota Corolla Sport Berbahan Bakar HidrogenToyota Corolla Sport Berbahan Bakar Hidrogen Foto: Dok. Toyota

Toyota mengklaim mesin hidrogen lebih responsif. Namun, menurut Hiroaki Ishiura salah satu pengemudi Corolla Sport ini, tak ada perbedaan yang signifikan dibanding mesin BBM.

"Ini tidak jauh berbeda seperti yang saya harapkan. Rasanya seperti mesin biasa," katanya dalam sebuah video.

[Gambas:Youtube]





Simak Video "Sekelas Agya, Toyota Luncurkan Aygo X di Pasar Eropa"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)