Tahun 2040, Honda Nggak Jual Mobil BBM Lagi

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 26 Apr 2021 17:30 WIB
Konsep Mobil Listrik Honda SUV e:concept
Konsep SUV listrik Honda. Foto: Dok. Honda
Jakarta -

Di masa depan, kendaraan berbahan bakar fosil mungkin tak sebanyak saat ini. Bahkan, Honda berkomitmen tidak akan menjual kendaraan berbahan bakar fosil pada 2040.

Honda telah menetapkan rencananya untuk meningkatkan jajaran model kendaraan listrik (EV) dan kendaraan listrik sel bahan bakar (FCV/hidrogen) di pasar utama elektrifikasi, seperti Amerika Serikat dan China. Di sana, jajaran kendaraan listrik dan hidrogen akan menguasai 40% pada tahun 2030.

Lima tahun berikutnya, 80% kendaraan Honda adalah kendaraan listrik dan hidrogenn. Secara global, pada 2040 Honda tidak akan lagi menjual mobil BBM, sebagai gantinya adalah kendaraan elektrifikasi.

Niat ini diumumkan oleh Presiden dan CEO Honda, Toshihiro Mibe. Mibe, yang ditunjuk untuk posisi tersebut pada bulan Februari, menyatakan bahwa Honda akan mengalami transformasi besar dengan kecepatan tinggi. Pengumuman terbaru ini memperluas rencana awal Honda untuk memiliki EV, hybrid, dan FCV yang berkontribusi 40% dari penjualannya pada tahun 2030.

Dimulai pada paruh kedua dekade ini, Honda akan meluncurkan kendaraan listrik baru di AS yang didukung oleh platform mobil listrik e:Architecture global modular. Kemungkinan platform mobil listrik Honda itu bisa digunakan untuk berbagai bentuk kendaraan mulai dari crossover sampai sedan. Setelah AS, pasar lain di seluruh dunia akan menyusul.

Di China, pabrikan mobil itu akan memperkenalkan 10 model kendaraan listrik Honda dalam lima tahun. Yang pertama dari 10 model akan menjadi versi produksi adalah prototipe SUV e: yang diluncurkan di Auto Shanghai. Mobil listrik ini dijadwalkan mulai dijual pada musim semi 2022.

Di sisi lain, Honda mengatakan bahwa penelitian tentang baterai solid-state generasi berikutnya--yang akan menawarkan kapasitas tinggi dan biaya rendah--sedang dipercepat. Honda ingin menggunakan baterai solid-state itu untuk mobil listrik terbarunya.

Honda juga akan tetap proaktif dalam mempromosikan pemanfaatan hidrogen dan sistem sel bahan bakar dengan memperluas jajaran model FCV dan juga dengan menggunakan sistem sel bahan bakar untuk berbagai aplikasi, termasuk truk komersial serta sumber daya yang bergerak dan tidak bergerak.



Simak Video " Menjajal New Honda City Hatchback RS, Pengganti Jazz di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)