Recall Xenia Hingga Terios, Masa Garansi Habis Tetap Ditangani

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 22 Mar 2021 11:51 WIB
Daihatsu 7 Wonder Kolaka Sulawesi Tenggara
Daihatsu Terios jadi salah satu mobil yang di-recall karena masalah fuel pump. Foto: Daihatsu
Jakarta -

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) melakukan recall atau penarikan kembali terhadap tiga model yang dijual di Indonesia, yaitu Daihatsu Xenia, Daihatsu Terios dan Daihatsu Sirion. Ketiga mobil itu mengalami masalah di bagian fuel pump atau pompa bahan bakar.

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriyadi, totalnya ada ada 97.290 unit mobil Daihatsu yang di-recall. Rinciannya yaitu, 53.246 unit Great dan Grand New Xenia produksi Oktober 2017 sampai Juni 2019, 41.152 unit All New Daihatsu Terios produksi Desember 2017 sampai Juni 2019, dan 2.892 unit all new Sirion produkssi Januari 2018 sampai September 2019.

Bambang menegaskan, kampanye recall mobil Daihatsu ini merupakan bentuk tanggung jawab pabrikan kepada konsumen. Dengan kampanye recall fuel pump ini, konsumen diharapkan akan tetap merasa aman dan nyaman menggunakan mobil-mobil tersebut.

Kata Bambang, sebagai bentuk tanggung jawab kepada konsumennya, perbaikan mobil yang terdampak recall fuel pump ini gratis. Mobil di luar masa garansi pun tetap akan ditangani.

"Jadi kita ingin memberikan pelayanan yang terbaik. Entah mobil terjual, sudah ganti nama, atau sudah over masa garansinya tetap kita terima dan tanpa biaya. Tidak ada biaya sama sekali baik itu unit masih garansi ataupun sudah di luar garansi, atau sudah diganti orang. Walaupun sudah tidak ada buku servis dan sebagainya, tetap kita terima dalam campaign ini," kata Bambang.

Bambang mengatakan, kasus recall ini berawal dari 24 pengguna mobil Daihatsu yang mengeluhkan beberapa kondisi. Rata-rata keluhannya yaitu mesin mati dan sulit untuk dihidupkan, mesin tidak ada tenaga, RPM tidak stabil atau indikator engine check di dasbor menyala.

"Mayoritas yang dikeluhkan adalah mesin sulit menyala setelah dipakai dalam kondisi parkir atau menunggu lampu merah," kata Bambang.

Direktur Pemasaran PT ADM, Amelia Tjandra menambahkan, 97.290 unit mobil yang terkena dampak recall itu akan diperbaiki bagian fuel pumpnya. Meski konsumen dari 97.290 unit mobil yang di-recall belum merasakan keluhan, Daihatu tetap akan mengganti komponen fuel pump dengan kondisi yang lebih baik.

"Sebenarnya unit-unit (yang di-recall) itu ada yang masuk standar dan di luar standar, semua unit akan diganti dengan fuel pump yang baru yang dipastikan masuk standar," sebut Amel.



Simak Video "Alasan Toyota Recall Mobil Innova dan Fortuner"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)