Terpopuler Sepekan

Recall Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia: Ini Cara Pengecekan dan Perbaikannya

Tim detikcom - detikOto
Minggu, 21 Mar 2021 14:45 WIB
Harga mobil LCGC atau mobil murah bakal naik karena kena pajak 3%. Meski tak signifikan harga mobil LCGC akan semakin nyerempet dengan Low MPV.
Recall Toyota Avanza. Foto: Istimewa
Jakarta -

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia terkena kampanye penarikan kembali alias recall. Kamis (18/3) kemarin Toyota dan Daihatsu kompak mengumumkan kampanye recall mobil terhadap ribuan kendaraannya. Termasuk pada tipe laris seperti Avanza dan Xenia, recall dilakukan karena ada masalah pada fuel pump.

Terkait recall, Toyota Astra Motor (TAM) sebenarnya sudah melakukan recall karena masalah pada komponen pompa bahan bakar pada Juli 2020. Saat itu Alphard produksi 2017-2018, Corolla produksi 2018, FJ Cruiser produksi 2013-2014, dan Kijang Innova, Fortuner, juga Hilux produksi 2017-2019 masuk dalam kampanye recall ini. Dari aktivitas recall tersebut, Toyota kemudian meluaskan cakupan model dan tahun yang harus di-recall.

Berselang sekitar dua pekan setelah pengumuman recall ribuan Avanza di Malaysia, TAM akhirnya melakukan aktivitas serupa. Tak hanya Toyota, Daihatsu pun mengumumkan recall pada ribuan mobilnya.

Berikut daftar tipe-tipe mobil dan tahun pembuatan yang di-recall:

Daftar Mobil Toyota yang Di-Recall

- Alphard tahun produksi 2017-2019
- C-HR tahun produksi 2018-2019
- Corolla tahun produksi 2019
- Camry tahun produksi 2019
- Voxy tahun produksi 2018-2019
- Kijang Innova tahun produksi 2018-2019
- Fortuner tahun produksi 2018-2019
- Hilux tahun produksi 2019
- Avanza tahun produksi 2017-2019
- Rush tahun produksi 2017-2019

Daftar Mobil Daihatsu yang Di-recall

- New Xenia produksi Oktober 2017 sampai Juni 2019 (tipe Great dan Grand)
- All New Terios produksi Desember 2017 sampai Juni 2019
- All New Sirion produksi Januari 2018 sampai September 2019

Sumber Masalah Ribuan Mobil Toyota dan Daihatsu yang Di-recall

Masalah bermula ketika pada Juni 2017 pemasok komponen fuel pump melakukan perubahan bahan baku impeller. Dengan proses produksi mobil yang sama dan sudah terbukti tidak ada masalah, perubahan bahan baku itu menyebabkan kepadatan impeller berubah.

"Sehingga ketika dipakai, kondisinya panas, impeller ini dapat mengembang, touching (menyentuh) dengan cover motor pump, akhirnya stuck dan tidak dapat mengalirkan bensin dari tangki bahan bakar ke ruang bakar," kata Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriyadi dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (18/3/2021).

Lalu, Apa masalahnya?

Menurut Bambang, kondisi impeller atau baling-baling rotor pompa bahan bakar itu berubah bentuk seiring pemakaian dengan deviasi sangat kecil, cuma 26 mikron. Tapi hal itu sudah cukup membuat impeller bersentuhan dengan motor fuel pump dan menyebabkan fuel pump berhenti beroperasi sehingga tidak bisa memasok bensin ke ruang bakar.

Bagaimana Mengecek Mobil Toyota dan Daihatsu yang Terkena Recall atau Tidak?

Dalam siaran persnya, Toyota mengatakan telah menginformasikan kepada pelanggan melalui berbagai saluran komunikasi, baik melalui surat resmi atau melalui media massa dan situs resmi Toyota.

Pemilik kendaraan bisa menghubungi jaringan outlet resmi Toyota terdekat yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, serta dapat menghubungi Toyota Customer Care (24 jam) di nomor telepon 1-500-315.

Untuk memastikan lebih lanjut, pemilik mobil Toyota juga bisa mengunjungi website resmi Toyota di www.toyota.astra.co.id/ssc. Pada situs itu, tinggal memasukkan nomor rangka mobil, kemudian akan muncul informasi apakah kendaraan tersebut masuk dalam program recall Toyota atau tidak.

Toyota menjamin proses pengecekan dan penggantian komponen mobil yang terlibat recall ini mudah dilakukan di bengkel resmi. Perbaikan tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. Seluruh jaringan bengkel Toyota yang saat ini berjumlah 298 bengkel yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia juga dilibatkan untuk memastikan pelanggan segera melakukan pengecekan dan penggantian komponen kendaraannya.

Sementara untuk pemilik mobil Daihatsu Xenia, Terios, dan Sirion disarankan untuk mengecek kondisi mobilnya. Bagaimana prosedur pelaksanaannya?

"Pertama dapat melakukan checking dalam memastikan unitnya dengan mengunjungi website kita www.daihatsu.co.id/Recall. Atau hubungi Daihatsu Access (1 500 898). Atau nanti tim internal kita akan menghubungi dari setiap pelanggan untuk melakukan konfirmasi," kata Bambang.

Setelah terkonfirmasi unit mobil Anda dipastikan masuk dalam kampanye recall, tim Daihatsu akan mengarahkan untuk booking servis penggantian fuel pump.

"Proses perbaikan bisa ditunggu, kurang lebih dua jam. Seluruh proses penggantian gratis. Pelanggan kita tidak dikenakan biaya sepeser pun terkait part maupun jasanya," tegas Bambang.

Untuk menyiapkan kampanye recall fuel pump ini, Daihatsu sudah menyiapkan 160 bengkel resmi di seluruh Indonesia. Bengkel resmi Daihatsu itu dapat melakukan pemeriksaan dan penggantian komponen motor fuel pump.



Simak Video "Sudah Tahu Belum? Ini Lho Arti Kata Avanza-Xenia"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/riar)