Tanpa PPnBM, Penjualan Mobil Honda Ini Meningkat dan Dipesan Ribuan Unit

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 17 Mar 2021 11:52 WIB
Honda CR-V 2021
Honda CR-V Foto: Instagram @hondaisme
Jakarta -

Tanpa relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) penjualan mobil Honda di bulan Februari 2021 di Tanah Air mengalami kenaikan untuk model CR-V. Sementara itu, Honda Brio tetap menjadi penyumbang terbesar penjualan Honda dan kembali mencatat penjualan tertinggi di kelasnya.

Dalam rilis yang diterima detikcom, Rabu (17/3/2021), secara total Honda telah berhasil mencatatkan penjualannya sebanyak 6.018 unit secara retail (dealer ke konsumen) sepanjang bulan Februari 2021. Turun dibandingkan bulan lalu, di mana Honda telah mencatatkan penjualan sebanyak 7.068 unit di sepanjang bulan Januari 2021.

Meski tanpa PPnBM, penjualan New Honda CR-V pada bulan Februari tercatat sebanyak 683 unit, naik 21% dibandingkan bulan Januari yang mencatat penjualan sebanyak 565 unit.

Catatan manis juga masih berada di sisi Honda CR-V. Sejak diperkenalkan model terbaru pada 18 Februari 2021, dengan beragam perubahan pada eksterior dan interior serta fitur seperti Honda Sensing, Remote Engine Start, dan Hands-Free Access Power Tailgate. Jumlah pemesanan untuk Honda CR-V sudah mencapai 1.120 unit.

Sedangkan untuk model lainnya, Honda Brio masih menopang penjualan pabrikan asal Jepang ini dengan catatan 56 persen dari total penjualan yang jumlahnya mencapai 3.361 unit. Bila dirinci, Honda Brio Satya meraih penjualan sebesar 2.665 unit, memimpin segmen LCGC dengan pangsa pasar sebesar 28%. Sedangkan Honda Brio RS mengumpulkan penjualan sebanyak 696 unit, juga menjadi pemimpin pasar di segmen City Car dengan pangsa pasar sebesar 75%.

Selain Honda Brio, model lain yang memberikan kontribusi signifikan untuk penjualan Honda adalah Honda HR-V 1.5 L yang terjual sebanyak 686 unit, dengan pangsa pasar sebesar 15% di kelasnya. Lalu diikuti dengan Honda Jazz dengan penjualan sebanyak 606 unit dan menjadi market leader di segmen hatchback dengan pangsa pasar sebesar 38%.

Sedangkan untuk Honda Mobilio telah berhasil membukukan penjualan sebanyak 290 unit, Honda HR-V 1.8 L sebanyak 162 unit, Honda BR-V sebanyak 90 unit, Honda Civic Hatchback sebanyak 73 unit, dan Honda Odyssey sebanyak 3 unit.

Pada segmen sedan, Honda Civic Sedan meraih penjualan sebesar 33 unit, memimpin pangsa pasar sebesar 51%. Lalu diikuti dengan Honda City Sedan sebanyak 18 unit, serta Honda Accord sebanyak 13 unit.

Diakui Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy bahwa penurunan yang terjadi di bulan Februari karena banyak konsumen yang menunda pembelian lantaran wacana PPnBM.

"Secara umum, penjualan Honda pada bulan Februari lalu sedikit turun dibandingkan bulan Januari karena sebagian konsumen yang menunda pembelian untuk menunggu pemberlakuan relaksasi pajak di awal Maret," ungkap Billy dalam keterangan resmi yang diterima detikcom, Selasa (17/3/2021).

"Meskipun demikian, peluncuran model baru New Honda CR-V yang mendapatkan antusiasme sangat baik dari konsumen, dan performa penjualan Honda Brio yang masih cukup baik menjadi penopang penjualan Honda di bulan lalu. Kami optimis penjualan di bulan Maret akan meningkat karena didukung pemberlakuan relaksasi pajak PPnBM dan model-model baru Honda yang telah menunjukkan trend booking yang sangat baik," tambahnya.



Simak Video "Desain Baru Honda HR-V Sudah Didaftarkan di Indonesia, Bentar Lagi Rilis?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)