Sempat Viral, 3 Kecelakaan Mobil Ini Terjadi Gegara Ban Mobil Pecah

Jihaan Khoirunnisaa - detikOto
Sabtu, 27 Feb 2021 13:06 WIB
Ilustrasi Ban Mobil Pecah
Ilustrasi ban pecah/Foto: Newspress
Jakarta -

Keamanan dan keselamatan seseorang saat berkendara ditentukan oleh banyak faktor. Salah satunya adalah kondisi ban.

Kondisi ban yang kurang optimal, mulai dari tekanan angin ban yang tidak sesuai, ban benjol, hingga menggunakan ban gundul, bisa menyebabkan kecelakaan yang dapat berujung hilangnya nyawa.

Kondisi fisik atau tekanan ban yang bermasalah, beban berlebihan dan kondisi jalan yang buruk berpotensi menimbulkan pecah ban dan timbul kecelakaan saat berkendara, seperti yang sempat viral beberapa waktu lalu.

Berikut 3 kecelakaan di jalan yang disebabkan oleh pecah ban:

Minibus Terguling di Tol Gempas

Menjelang akhir tahun 2020, sebuah kecelakaan tunggal terjadi di Tol Gempol-Pasuruan (Gempas). Sebuah Daihatsu Granmax berpenumpang 9 orang mengalami pecah ban yang menyebabkan pengemudi tidak dapat mengendalikan laju kendaraan. Akibatnya, mobil langsung terguling ke bahu luar jalan.

Pada insiden ini, dua orang dilaporkan mengalami luka ringan, yakni sang pengemudi Ragil Arditya (32) dan salah satu penumpang Fernanda Putra (18), dengan kerugian material mencapai Rp 40 juta.

Kecelakaan Maut di Tanah Abang

Lagi-lagi, kendaraan pecah ban menyebabkan kecelakaan. Pada awal bulan Februari tepatnya tanggal 7 Februari 2021 silam, sebuah mobil Toyota Avanza menabrak pemotor dan kios-kios di daerah Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Mobil Toyota yang dikemudikan HA (33) melaju dari turunan flyover Karet. Namun, karena mobil melaju dengan kecepatan tinggi, pengemudi kehilangan kendali saat ban belakang mobil pecah. Terlebih, saat itu pengemudi dalam kondisi mengantuk. Kecelakaan tersebut merenggut nyawa seorang pedagang sop kambing, H Muchlis (59).

Insiden Mobil Pecah Ban di Tol Japek

Pada hari Minggu malam tanggal 7 Februari 2021, terjadi insiden di KM 39 ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Puluhan mobil dilaporkan mengalami pecah ban yang disebabkan kondisi jalan yang rusak dan berlubang.

Peristiwa ini pun viral di media sosial setelah sebuah video dari salah satu korban yang menunjukkan puluhan mobil berhenti dan berjejer di bahu jalan menjadi sorotan. Terkait hal ini, pihak Jasa Marga telah meminta maaf serta bertanggung jawab penuh atas kerusakan yang ditimbulkan.

Belajar dari insiden kecelakaan di atas, selain menghindari kondisi jalan yang rusak maka salah satu upaya untuk mencegah terjadinya pecah ban adalah melakukan pengecekan ban secara rutin sebelum berkendara.

BridgestoneBridgestone Foto: dok. Bridgestone

Ditemui secara terpisah, Head of Corporate Communications & Public Relations PT Bridgestone Tire Indonesia Arko kembali mengingatkan pentingnya pengecekan ban sebagai salah satu upaya menjaga keselamatan dan keamanan berkendara.

"Ban adalah satu-satunya bagian mobil yang bersentuhan dengan jalanan, sehingga kondisi ban harus selalu dicek secara berkala agar lebih aman bagi pengendara," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (27/2/2021).

Arko juga menambahkan perawatan ban paling minimal yang dapat dilakukan adalah selalu memeriksakan tekanan angin dan ketebalan telapak ban secara berkala, dan juga memeriksa kemungkinan adanya kerusakan fisik pada ban akibat kondisi jalan rusak yang mengakibatkan ban tidak aman seperti benjol atau tergores.


Selain dilakukan sendiri, pengendara juga dapat melakukan pengecekan kondisi ban pada Toko Model (TOMO) atau BOSS (Bridgestone One Stop Service), sebagai bagian dari jaringan outlet resmi Bridgestone yang sudah berdiri semenjak tahun 1990.

Setiap TOMO dan BOSS dilengkapi dengan TSA (Tire Sales Advisor) telah mendapatkan pelatihan di fasilitas training center Bridgestone di Indonesia. Para TSA akan melayani pelanggan sesaat dari pelanggan memasuki toko hingga transaksi selesai termasuk menjawab pertanyaan pelanggan seputar kondisi dan perawatan ban.

Selain itu, TOMO dan BOSS dilengkapi dengan ruang tunggu yang nyaman, sehingga para pelanggan merasakan sensasi mengganti ban yang lain dari biasanya. Pelanggan juga bisa mendapatkan berbagai pelayanan terkait perawatan mobil, mulai pemeriksaan tekanan ban, balancing, spooring, penggantian oli dan penggantian suku cadang.

Setiap outlet resmi Bridgestone selalu berkomitmen untuk senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan dengan menjaga kualitas dari sumber daya manusia yang sesuai dengan standar Bridgestone dan menjadi outlet retail otomotif terdepan di Indonesia. Jaringan outlet resmi Bridgestone kini bisa Anda temui di 112 kota di seluruh Indonesia.

(akn/ega)