5 Mobil Bekas yang Masih Jadi Incaran di Tahun 2021

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 25 Feb 2021 12:50 WIB
Pekerja mengecek mobil yang dijual di Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Jakarta Utara, Jumat (17/5/2019). Manajer Pemasaran Senior WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih menyatakan penjualan mobil bekas menjelang mudik Lebaran 1440 H meningkat 20 persen dibanding hari biasa pada bulan sebelumnya. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc.
Mobil bekas apa yang diminati masyarakat Indonesia pada tahun 2021? Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Jakarta -

Mobil bekas masih jadi pilihan bagi masyarakat Indonesia. Selain harga yang lebih murah, fakta bahwa mobil bekas bisa langsung dikendarai jadi poin plus memilih mobil seken. Nah, menyongsong tahun 2021 bagaimana trennya?

CEO OLX Group Indonesia, Johnny Widodo mengatakan mobil kategori Multi Purpose Vehicles (MPV) masih akan mendominasi penjualan mobil bekas. Adapun untuk kategori MPV, brand Toyota masih mempertahankan posisinya sebagai mobil paling diminati.

"Di Indonesia model-model keluarga itu akan tetap mendominasi, mobil merek Jepang juga akan mendominasi juga," ujar Johnny saat virtual conference, Kamis (25/2/2021).

Berkaca dari tahun yang lalu, terdapat 5 model yang diprediksi paling dicari di pasar mobil bekas pada tahun 2021 ini.

"Jadi kalau kita melihat dari transaksi yang kemarin. Yang orang paling suka itu mobil favorit, Toyota Innova, Toyota Avanza, Honda Jazz, Xenia, dan Brio," jelas Johnny.

Johnny mengatakan minat mobil bekas juga didasarkan pada seberapa laris mobil baru di pasaran. Berdasarkan data wholesales Gaikindo, tahun lalu Toyota Avanza, Innova dan Honda Brio merupakan merek kendaraan penumpang yang masuk lima besar mobil terlaris di Indonesia.

"Melihat dari data Gaikindo juga, selalu yang top ten manufactur-nya itu saja, barang yang diproduksi mobil baru nanti akan menjadi orang bekas juga," ungkap Johnny.

Terlebih, selama ini mobil bekas yang paling diminati konsumen adalah yang harganya tidak lebih dari Rp 200 juta.

"Budaya orang Indonesia itu kan sangat kekeluargaan. Kemana-mana semua diboyong, jadi maunya mobil yang gede, kelasnya di bawah Rp 200 juta," sambungnya.

Simak juga video 'Ancaman dan Peluang Pedagang Mobil Bekas Dari Diskon Mobil':

[Gambas:Video 20detik]



(riar/din)