Toyota GR Yaris Ludes Terjual Sebelum Diluncurkan, Benarkah?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 18 Feb 2021 08:05 WIB
Toyota GR Yaris Black
Toyota GR Yaris. Foto: Toyota
Jakarta -

Toyota GR Yaris dikabarkan sudah ludes terjual di Indonesia. Padahal, hot hatch lansiran Toyota itu belum resmi diluncurkan di Indonesia.

Ramai dikabarkan di media sosial bahwa dealer sudah menutup pemesanan Toyota GR Yaris. Mobil yang didesain untuk mengikuti ajang World Rally Championship (WRC) itu sudah sold-out dipesan konsumen Indonesia. Benarkah demikian?

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, belum mau membeberkan lebih lanjut soal kabar tersebut. Yang jelas, ia menegaskan bahwa mobil Toyota GR Yaris belum resmi diluncurkan.

"GR Yaris ini belum di-launch resmi," kata Anton kepada detikOto, Kamis (18/2/2021).

"Tapi memang sudah banyak dealer dan konsumen yang tertarik," sambungnya.

Toyota GR YarisToyota GR Yaris Foto: Response

Saat ditanya kapan akan meluncurkan Toyota GR Yaris di Indonesia, Anton enggan menjawab lebih detail. Dia bilang, peluncuran GR Yaris nanti akan dikabari kemudian.

"Nanti ya kita kabari lebih lanjut," singkat Anton.

Toyota GR Yaris yang akan dijual di Indonesia juga dipastikan dalam dokumen Permendagri No 1 Tahun 2021 tentang Perhitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2021. Dalam dokumen itu, data mengenai Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) GR Yaris sudah muncul, dengan angka Rp 450 jutaan. Tapi itu baru sekadar NJKB atau nilai dasar, belum termasuk pajak-pajak untuk menjadi harga on the road.

Toyota GR Yaris BlackToyota GR Yaris Black Foto: Toyota

Toyota GR Yaris sebelumnya sudah meluncur di Thailand. Jika mengacu pada Toyota GR Yaris yang dijual di Thailand, kemungkinan besar unit GR Yaris Indonesia juga akan menggendong mesin 1.600 cc turbo tiga silinder, yang bisa menghasilkan tenaga puncak hingga 261 daya kuda dengan torsi maksimal 360 Nm.

Mesin itu dikawinkan dengan transmisi Intelligent Manual Transmission (iMT) enam percepatan dengan rev-matching function. Tenaga disalurkan ke roda melalui sistem GR-Four AWD.

Di Thailand, harga Toyota GR Yaris tembus 2,7 juta baht atau jika dirupiahkan setara dengan Rp 1,2 miliar.



Simak Video "Mantap! Road Trip Jakarta-Bali with Corolla Cross Hybrid"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)