Toyota GR Yaris Bakal Dijual di Indonesia, Harga NJKB Rp 450 Jutaan

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 15 Feb 2021 11:56 WIB
Toyota GR Yaris
Toyota GR Yaris. Foto: Response
Jakarta -

Toyota GR Yaris bisa dipastikan dijual di Indonesia. Sinyalemen kehadiran hatchback 'kencang' Toyota itu berasal dari dokumen Permendagri No 1 Tahun 2021 tentang Perhitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2021. Dalam dokumen itu, data mengenai Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) GR Yaris sudah muncul, dengan angka Rp 450 jutaan.

GR Yaris merupakan produk mobil berperforma tinggi yang diluncurkan Toyota Motor Corporation (TMC) setahun lalu di ajang Tokyo Auto Salon 2020. GR Yaris adalah model homologasi GR Yaris yang berpartisipasi di Kejuaraan Reli Dunia FIA.

Meski diluncurkan di Jepang, Toyota GR Yaris tidak hanya dijual secara eksklusif di sana. Mobil ini juga dipasarkan di seluruh dunia, bahkan termasuk di Asia Tenggara. GR Yaris sendiri sudah dipasarkan di Thailand dan Malaysia. Dalam waktu dekat, model ini juga akan dijual di Indonesia.

NJKB Toyota GR YarisNJKB Toyota GR Yaris Foto: Permendagri No 1 Tahun 2021

Seperti termuat dalam dokumen Permendagri No 1 Tahun 2021, Toyota akan menjual GR Yaris dalam satu pilihan tipe, 1.6T M/T, dengan kode GXPA16R-AGFGZW.

Selain itu, Toyota GR Yaris yang dijual di Indonesia dikenakan NJKB sebesar Rp 453 juta, dengan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor (DP PKB) sebesar Rp 475,65 juta.

Beberapa waktu lalu, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, memang belum bisa mengungkap lebih jauh tentang rencana kehadiran GR Yaris di Indonesia.

Toyota GR YarisToyota GR Yaris Foto: Response

"Mengenai produk saya tidak bisa komen banyak, produk baru ini kita selalu bicarakan dengan prinsipal, jadi saya tidak bisa mengatakan sebelum memang diputuskan atau akan diluncurkan. Jadi baik dari Yaris GR dan Cross belum bisa komen dulu," kata Anton.

Tapi Anton tidak memungkiri jika banyak konsumen, khususnya pencinta kecepatan menanti-nanti kehadiran Toyota GR Yaris ini.

"Khususnya konsumen yang memang latar belakangnya penggemar mobil racing atau mobil sport. Yaris GR ini memang menarik, karena Yaris GR ini didesain untuk mengikuti WRC, jadi ini mobil racing yang sangat menarik, konsumen juga banyak tertarik. Kita akan pelajari," sambungnya.

Toyota GR Yaris BlackToyota GR Yaris Foto: Toyota

Jika mengacu pada Toyota GR Yaris yang dijual di Thailand, kemungkinan besar unit GR Yaris Indonesia juga akan menggendong mesin 1.600 cc turbo tiga silinder, yang bisa menghasilkan tenaga puncak hingga 261 dk dengan torsi maksimal 360 Nm.

Mesin itu dikawinkan dengan transmisi Intelligent Manual Transmission (iMT) enam percepatan dengan rev-matching function. Tenaga disalurkan ke roda melalui sistem GR-Four AWD.

Di Thailand, harga Toyota GR Yaris tembus 2,7 juta baht atau jika dirupiahkan, setara dengan Rp 1,2 miliar.



Simak Video "Toyota Pikat Pengunjung GIIAS 2021 Dengan Mobil Terbarunya!"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)