Cuma 30 Detik, Iklan Toyota Yaris Terbaru Dilarang di Australia, Kok Bisa?

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 08 Jan 2021 09:31 WIB
Iklan Yaris
Iklan Toyota Yaris ini dilarang di Australia Foto: Screenshot Youtube
Jakarta -

Iklan Toyota Yaris 2021 dilarang tayang di Australia. Regulator periklanan negeri kbb itu menilai promosi dalam video bisa memicu orang kebut-kebutan dan berkendara dengan tidak aman.

Jika dicermati dalam video singkat berdurasi 30 detik itu terlihat sebuah keluarga, kakak-adik, masing-masing mengendarai line up Yaris, Yaris Cross, dan GR Yaris. Mereka berjanjian bertemu di rumah orang tuanya untuk merayakan hari ulang tahun pernikahan.

Dikutip Carexpert, Jumat (8/1/2021) Jack -pengemudi GR Yaris- diminta untuk tidak terlambat datang. Tedeng aling-aling, iklan tersebut terlihat menunjukkan performa GR Yaris secara halus.

Jack keluar dari garasinya, memperlihatkan GR Yaris ngepot beberapa detik. Kemudian mobil hatchback itu pun melaju kencang di tanah.

Tidak sampai di situ, saat tiba di rumah orang tuanya. Jack tiba lebih dulu sembari membawa kue. Artinya Jack bergerak sangat cepat menggunakan GR Yaris.

Regulator menilai telah melanggar dua hal, yakni mengemudi dengan tidak aman dan melanggar batas kecepatan.

Toyota Australia menanggapi pengaduan ini dengan serius. Namun tetap meyakini bahwa iklan line up Yaris terbaru ini tidak melanggar apapun.

"Kami yakin bahwa iklan tersebut tidak melanggar aturan FCAI (Federal Chamber of Automotive Industries) atau undang-undang dan peraturan yang berlaku di jalan serta aturan standar mengemudi," kata sumber Toyota Australia.

Toyota harus meninjau iklan dan mengeditnya sebelum ditampilkan lagi. Sejauh ini iklan Yaris buatan Toyota Australia masih bisa Anda saksikan di video berikut ini.

[Gambas:Youtube]



Ini sebenarnya bukan iklan Yaris pertama dianggap melanggar ketentuan. Toyota UK harus menghapus sebuah iklan pada tahun 2014 setelah regulator periklanan lokal mengatakan itu mempromosikan mengemudi yang berbahaya. Orang-orang menari, menyanyi, dan mengemudi pada saat yang sama dengan Locked Out Of Heaven dari Bruno Mars yang diputar di latar belakang.



Simak Video "Review Yaris 2020, Senjata Toyota Lawan Honda Jazz"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)