Membandingkan Ketangguhan Mobil Dinas Presiden Jokowi Vs Joe Biden

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jumat, 22 Jan 2021 07:06 WIB
President Joe Biden and First Lady Jill Biden, ride near the White House during a Presidential Escort to the White House, Wednesday, Jan. 20, 2021 in Washington.  (Doug Mills/The New York Times via AP, Pool)
The Beast, mobil dinas kepresidenan Joe Biden. Foto: AP/Doug Mills


Beralih ke mobil Presiden AS Joe Biden. Seperti disebutkan sebelumnya, mobil ini merupakan warisan Presiden AS sebelumnya, Donald Trump.

Ini adalah Cadillac One yang diperbarui oleh General Motors (GM) pada 2018. Mobil berjuluk The Beast ini disebut sebagai mobil paling aman di dunia.

The Beast yang menjadi mobil dinas Joe Biden dilengkapi dengan bodi antipeluru. Pintu mobil berlapis baja memiliki ketebalan sekitar 20 cm. Jendelanya juga antipeluru dengan lapisan polikarbonat dan kaca setebal 12 cm. Konstruksi yang kokoh ini memberi mobil ini interior yang sangat aman bagi Presiden Amerika Serikat.

Sasis mobil dibuat dari pelat baja kuat tahan karat. Sasis dirancang khusus untuk bisa menahan serangan bom.

Ban mobil dinas Joe Biden berbahan keras, Kevlar dan tahan tusukan. Jika ban diserang, mobil tetap bisa berjalan. Itu juga didukung pelek baja tahan karat kuat yang memungkinkan untuk melaju dengan kecepatan tinggi jika ban mengalami kerusakan dalam serangan apa pun.

Ketangguhan 'The Beast' Donald TrumpKetangguhan 'The Beast' Presiden AS. Foto: Zaki Alfarabi

Mobil dinas kepresidenan Joe Biden memiliki suplai oksigen sendiri di dalam kabin. Untuk komunikasi, di dalamnya terdapat telepon satelit yang bisa terhubung langsung dengan Wakil Presiden dan Pentagon, markas Departemen Pertahanan Amerika Serikat.

Tangki bahan bakar juga antipeluru dan dilapisi dengan busa khusus jika terjadi ledakan. Di bagasi mobil terdapat pelindung asap, gas air mata, dan sistem pemadam kebakaran lengkap. The Beast dilengkapi dengan senapan dan meriam gas air mata.

Untuk keadaan darurat, mobil Presiden Amerika Serikat menampung kantong darah dengan golongan darah Presiden.

Mobil ini disebut memiliki bobot sekitar 6,3 ton hingga 9 ton. Untuk mobil seberat ini, mesin diesel 5.000 cc. Alasan pemilihan mesin diesel untuk mobil Presiden Amerika Serikat adalah karena durabilitasnya. Disebutkan, bahan bakar solar memiliki volatilitas rendah yang mengurangi risiko meledak.

Halaman

(rgr/din)